ide-bisnis-kreatifitas

7 Jenis Bisnis Kreatif Yang Patut Dicoba

Posted on

Perlu disadari bahwa perkembangan bisnis sekarang ini dapat dikatakan sebagai salah satu lahan subur yang banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Mereka berusaha menciptakan berbagai ide bisnis sebagai alternatif cara untuk menghasilkan uang. Berbagai bidang bisnis kreatif pun turut mengalami pertumbuhan yang signifikan dan mudah ditemukan di situs-situs internet. Ide bisnis yang unik dan kreatif ini mampu memancing banyak konsumen yang membutuhkan sesuatu berbeda dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan yang mereka miliki.

Untuk Anda yang juga berkeinginan menjadi seorang entrepreneur, sebaiknya lakukanlah survey dan penelitian kecil untuk menggali kembali mengenai ide bisnis inovatif seperti apa yang pasar inginkan. Hal ini dilakukan supaya bisnis yang Anda geluti tersebut mampu mencuri perhatian pasar dan mereka tak akan ragu untuk membeli ‘gagasan’ yang Anda miliki. Karena tak dapat dipungkiri bahwa persaingan bisnis dewasa ini cukup ketat, sehingga Anda harus memiliki ciri khas tersendiri yang menunjukkan identitas bisnis Anda.

ide-bisnis-kreatifitas

Sebagai referensi, berikut ada 7 contoh ide bisnis kreatif yang patut Anda coba. Langsung saja kita simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Ide Bisnis Kreatif Dengan Menjadi Beautypreneur

Apakah Anda pernah mendengar profesi Beautypreneur? Jika Anda seorang make up enthusiast tentu saja sudah tidak asing lagi. Seiring dengan perkembangan make up yang semakin diminati tak hanya oleh wanita dewasa, tetapi juga remaja, kebutuhan alat make up beserta perlengkapannya semakin meningkat pula.

Peluang ini pun mampu dilihat dengan jeli dan langsung dimanfaatkan oleh para pebisnis di bidang kecantikan. Mereka semakin gencar dalam menekuni bidangnya tersebut. Bisnis yang kreatif dengan menjadi beautypreneur ini telah berhasil menelurkan berbagai produk make up dan perawatan yang memiliki peminatnya masing-masing.

Anda dapat mengembangkan bisnis dalam bidang kecantikan ini dengan menjual berbagai peralatan make up beserta perlengkapannya seperti brush, cairan pembersihnya, atau rak akrilik yang digunakan sebagai tempat menyusun make up.

Baca juga : Manfaat ide seni usaha online

bisnis-kreatif-beautypreneur

Pengrajin Kreatif

Contoh ide bisnis kreatif yang kedua adalah dengan menjadi pengrajin atau crafter. Pengrajin di sini bukan berarti Anda harus membuat produk seperti pengrajin kayu, tapi gunakanlah kreativitas Anda untuk menciptakan atau memanfaatkan benda-benda di sekitar menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Tidak harus menggunakan bahan-bahan yang baru atau berharga mahal, Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang masih bagus dan dimodifikasi ulang untuk dapat menghasilkan benda baru yang berkualitas.

Contoh yang sederhana saja, yakni Anda bisa menggunakan kertas kado bekas untuk dijadikan sebuah amplop. Hiasi amplop tersebut dengan aksesoris lainnya seperti manik-manik, kancing, kumpulan quotes atau lukisan. Selain itu, jika Anda memiliki benang yang tak terpakai, Anda pun bisa membuatnya menjadi gelang yang cantik.

Menjadi Seorang Florist

Bisnis menjadi seorang florist juga terhitung menguntungkan. Bagaimana tidak, satu buket bunga saja bisa dihargai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apalagi sebagai seorang florist dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi dalam menyusun bunga agar menjadi sebuah buket yang cantik. Tekniknya pun tidak mudah. Anda harus memadupadankan berbagai jenis bunga menjadi satu agar tampak elegan.

Buket bunga biasanya banyak dibutuhkan saat musim wisuda tiba. Selain itu, dalam acara-acara tertentu pun Anda bisa memberikan buket bunga kepada orang tersayang. Bisnis ini juga banyak diminati oleh anak muda, terutama mahasiswa, sembari mencari penghasilan sampingan. Selain bunga asli, Anda juga bisa membuka bisnis buket bunga palsu yang bahan bakunya bisa dari kain flanel, satin, kertas, dan sebagainya.

Personal Shopper

Ternyata membuka bisnis sebagai personal shopper ini juga banyak diminati oleh masyarakat. Dengan menjalani bisnis kreatif ini Anda dapat membantu orang lain untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan mudah. Mereka tak harus melewati panasnya cuaca dan kemacetan di jalan untuk mendapatkan barang tersebut.

Personal shopper ini juga dapat menawarkan jasa titip dengan membelikan barang-barang yang hanya dijual di luar negeri. Bagi Anda yang suka bepergian ke luar negeri atau travelling ke tempat tertentu, bisa mencoba bisnis ini karena keuntungannya akan lumayan untuk menambah uang saku.

Baca juga : Peluang bisnis fashion dengan dropship

Blogger

Siapa sih yang tak tahu profesi ini? Profesi ini dapat dikatakan sebagai salah satu bisnis kreatif yang patut Anda coba. Mengapa? Karena menjadi seorang blogger adalah sebuah tantangan tersendiri dimana Anda harus memiliki kreativitas tinggi dalam menulis berbagai jenis konten di dalamnya. Jika Anda bisa menyajikan itu semua, maka jangan terkejut bila nantinya Anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Bahkan tak sedikit pula yang menjajal bisnis ini sebagai profesi utama mereka.

Bisnis Katering Sehat

Bisnis katering juga merupakan salah satu bisnis yang berpeluang besar. Makanan adalah sebuah kebutuhan pokok yang harus ada di setiap acara maupun event tertentu. Banyak orang yang mengandalkan katering dalam menyajikan makanan dalam sebuah acara, tapi kebanyakan katering memiliki menu makanan yang enak namun kurang sehat. Bagaimana jika Anda mencoba membuka katering sehat? Yak, pada intinya dalam bisnis ini Anda menyajikan menu makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang sehat serta diolah secara sehat pula. Orang yang sedang berdiet pun bisa memesan katering milik Anda.

Party Planner

Satu lagi contoh bisnis kreatif yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, yakni sebagai party planner. Bisnis ini mulai mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Anda bisa membantu klien Anda dalam menyusun berbagai keperluan dalam party seperti peralatan, perlengkapan, dekorasi, konsumsi dan sebagainya. Jenis party planner yang bisa Anda tangani adalah seperti Birthday party, Bridal Shower, Baby Shower, atau acara lainnya.

Memang bisnis ini tampak menyenangkan karena Anda akan berhadapan dengan berbagai pernak-pernik lucu, tapi sebenarnya bisnis ini membutuhkan kreativitas tinggi terhadap konsep atau tema yang ditentukan. Anda juga harus menyesuaikan konsep tersebut terhadap permintaan klien. Pada saat pengeksekusiannya pun, semua konsep harus berjalan dengan baik.

Itulah beberapa contoh ide bisnis kreatif yang patut Anda coba. Tak ada salahnya dengan menjadi seorang pengusaha, yang penting Anda memiliki gagasan yang cemerlang dan tekad yang kuat. Semoga bermanfaat.