bisnis-fashion

Peluang Bisnis Fashion Dengan Dropship

Posted on

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, demi memenuhi kebutuhan tersebut, pakaian-pakaian yang dijual pun mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan pakaian tidak hanya semata-mata menjadi kebutuhan primer saja, akan tetapi juga sebagai salah satu tren fashion yang digandrungi masyarakat dari semua kalangan usia. Para pebisnis ini akan melihat bahwa peluang bisnis fashion merupakan bisnis yang menjanjikan.

Namun tren fashion tak melulu tentang pakaian saja. Fashion sendiri meliputi berbagai macam gaya yang dipakai dari kepala hingga kaki. Jadi, fashion bisa meliputi tas, sepatu, maupun aksesoris lainnya. Peluang bisnis fashion ini pun semakin banyak digeluti oleh para pelaku bisnis. Hal ini disebabkan karena tren fashion pada periode tertentu selalu mengalami upgrade, sehingga tren fashion tak akan pernah mati.

Nah, untuk para pelaku bisnis pemula yang ingin terjun dalam bisnis fashion, harus memperhatikan beberapa hal agar bisnis yang dirintisnya dapat berjalan dengan lancar. Salah satu langkah awal yang tepat dan patut diambil adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Bagaimana peluang bisnis fashion dengan menjadi seorang dropshipper? Berikut uraian selengkapnya.

Langkah-langkah Tepat Dalam Melihat Peluang Bisnis Fashion Sebagai Dropshipper

Bisnis fashion pada jaman sekarang ini semakin marak digeluti oleh para pelaku bisnis. Banyak orang yang berlomba-lomba menjual produk berhubungan dengan fashion. Tren fashion sendiri memang selalu menarik untuk diikuti, terutama bagi generasi muda. Mereka adalah penikmat fashion paling dominan dari semua kalangan usia.

Bisnis-Fashion-dropship

Tak hanya menjadi konsumen penikmat fashion, para generasi muda tersebut juga sudah banyak yang terjun menjadi salah satu pelaku bisnis. Hal ini bisa menjadi dampak positif karena akan melatih jiwa usaha dari generasi muda yang diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Para generasi muda ini pun dianggap jeli dalam melihat peluang bisnis fashion dan mereka lebih tahu tren fashion yang sedang beredar pada setiap periodenya.

Biasanya, langkah awal yang diambil para generasi muda ini saat ingin terjun dalam usaha fashion ini adalah menjadi seorang dropshipper. Menjadi dropshipper ini merupakan langkah pertama yang mudah dilakukan karena tidak perlu memikirkan stok barang untuk bisa dijual kepada para calon pembeli. Sehingga dengan menjadi seorang dropshipper dalam bidang fashion, juga menjadi sebuah peluang bisnis fashion yang cukup menjanjikan bagi para pemula.

Dropshipper sendiri adalah sebuah langkah bisnis dengan menjual kembali produk-produk dari supplier atas nama sang dropshipper. Umumnya sang supplier yang menerima dropshipper ini akan memberikan diskon tertentu terhadap setiap produk yang dijualnya. Setelah itu, sang dropshipper akan memasarkan kembali dengan harga yang telah ia tentukan sendiri.

Untuk bisa membaca peluang bisnis fashion dengan sistem dropship agar bisa berjalan dengan sukses, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Pilihlah Supplier Yang Terpercaya

Langkah yang paling pertama untuk mulai menjadi dropshipper adalah dengan memilih supplier terpercaya. Kini untuk mencari supplier pun sangat mudah. Anda   bisa menemukan banyak di media sosial yang menjadi salah satu perantara dalam melakukan bisnis. Namun Anda tetap harus memeriksa apakah supplier tersebut bisa dipercaya dan dapat diajak kerja sama dengan baik.

Yang terpenting adalah ketahui siapa pemilik bisnis tersebut. Periksa pula setiap   testimoni dari pelanggan mengenai penjualan produk oleh supplier tersebut. Lalu tanyakan apa saja yang menjadi syarat untuk menjadi dropshipper dan apa saja fasilitas yang ditawarkan dari supplier.

  1. Setelah Menemukan Supplier Terpercaya, Penguasaan Produk Menjadi Hal Yang Penting

Setelah Anda mendapatkan supplier yang cocok dan terpercaya, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah penguasaan terhadap produk-produk yang dijual. Tentu saja hal ini bergantung dengan jenis supplier fashion yang Anda pilih. Sebaiknya pilihlah   jenis fashion yang Anda sukai karena akan lebih mudah untuk menguasainya. Jika Anda memilih fashion hijab, pelajarilah bahan-bahan hijab serta model hijab yang sedang menjadi tren.

Memiliki pengetahuan tentang detail produk ini sangat penting karena para calon pembeli nantinya akan banyak bertanya mengenai rincian produk. Karena posisi Anda sebagai dropshipper, meskipun barang yang bersangkutan ada pada supplier, namun Anda tetap menjual produk atas nama Anda. Untuk itu jangan malas bertanya pada           supplier mengenai rincian produk yang dijual.

  1. Menyiapkan Perangkat Khusus Untuk Berjualan

Karena jaman sekarang teknologi semakin maju dan penggunaan smartphone meningkat dengan pesat, berjualan secara online merupakan langkah yang tepat dan    praktis untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda juga bisa memulainya dengan   membuat akun khusus di media sosial untuk menjual produk. Tentunya akun ini lebih baik jika terpisah dengan akun pribadi.

Kelebihan Bisnis Dropship        

Setelah mengetahui langkah-langkah di atas, ternyata peluang bisnis fashion dengan sistem dropship memanglah cukup menguntungkan. Selain itu, masih ada beberapa hal yang menjadi kelebihan menjalankan bisnis sebagai dropshipper. Apa saja kelebihannya?

 

bisnis dropship

  1. Modal Kecil, Bahkan Tidak Memerlukan Modal

Kelebihan yang pertama adalah modal sedikit, bahkan tanpa modal sekalipun Anda sudah bisa menjadi dropshipper. Ada beberapa supplier yang memberikan syarat berupa calon dropshipper harus membeli minimal berapa pcs produk dari supplier,   namun banyak juga supplier yang tidak menerapkan syarat tersebut. Nah, jika Anda menemukan supplier yang tidak memberikan syarat tersebut, maka Anda bisa menjadi  dropshipper yang tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

  1. Tidak Perlu Memusingkan Stok Barang

Kelebihan kedua yang bisa didapatkan oleh seorang dropshipper yakni tidak perlu memusingkan stok barang. Semua stok barang yang dijual ada pada supplier. Seorang       dropshipper hanya perlu memasarkan kembali produk-produk dari supplier. Hal ini tentunya membuat Anda, sebagai dropshipper, bisa lebih fokus memasarkan produk.

  1. Risiko Kerugian Kecil

Menjadi seorang dropshipper ini memiliki risiko kerugian yang sangat kecil. Terlebih  jika Anda sama sekali tak mengeluarkan modal. Karena seorang dropshipper hanya   bertugas memasarkan kembali, tidak memproduksi barang sendiri, maka risiko kerugiannya pun sangat kecil. Dropshipper juga tak perlu memikirkan tentang stok        barang, gaji karyawan, maupun operasional lainnya.

Kekurangan Bisnis Dropship

Selain memiliki kelebihan tertentu, bisnis dropshipper juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini tidak mengurangi peluang bisnis fashion dengan sistem dropship, karena kekurangan yang dimiliki ini bisa menjadi senjata untuk melatih diri agar berkembang sebagai seorang pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa kekurangan dalam bisnis dropship :

  1. Tidak Memiliki Kuasa Untuk Memantau Produk

Kekurangan yang pertama adalah seorang dropshipper tidak memiliki akses tertentu  dalam memantau produk yang dijual. Hal ini dikarenakan semua stok produk ada pada supplier. Sehingga seorang dropshipper sama sekali tidak tahu menahu berapa jumlah produk tersisa, maupun bagaimana keadaan produk saat akan dikirim. Karena    inilah sebagai seorang dropshipper Anda harus pintar-pintar memilih supplier.

  1. Keuntungan Relatif Kecil

Menjadi seorang dropshipper biasanya memiliki keuntungan yang tidak begitu besar. Para supplier umumnya memberikan diskon yang sedikit, sehingga para dropshipper menjual produk yang disesuaikan dengan harga pasaran. Namun Anda tak perlu khawatir, dengan teknik pemasaran yang ahli, maka produk yang dijual akan laku dan akumulasi keuntungan pun semakin besar.

 

  1. Risiko Mengalami Komplain Dari Customer

Dalam sebuah bisnis memang terkadang para penjual akan mendapatkan komplain  dari para customernya. Sebagai seorang dropshipper, Anda juga akan memiliki risiko yang serupa. Karena dropshipper tidak memiliki kontrol atas setiap produk yang dijual, maka hal ini menjadi tantangan tersendiri. Untuk itulah pentingnya penguasaan produk. Anda tidak selalu bisa mengandalkan supplier, jadi Anda harus bisa  menguasai produk untuk mengatasi komplain dari customer.

Kesimpulannya, peluang bisnis fashion dengan dropship ini merupakan peluang besar yang patut untuk diambil. Hal ini sangat sesuai bagi Anda yang baru terjun dalam dunia bisnis pertama kali. Karena dengan dropship ini Anda bisa belajar berbagai hal mengenai bisnis terutama teknik pemasarannya.