tips-usaha-baru

Pelajari Tips Membuka Usaha Baru

Posted on

Membangun sebuah usaha baru biasanya akan menimbulkan berbagai macam ketakutan pada benak kebanyakan orang. Bagaimana cara yang tepat untuk menjalankan usaha, apakah respon konsumen akan baik, berapa laba yang diperoleh, merupakan beberapa pertanyaan yang seringkali membuat panik dan khawatir sendiri. Padahal seharusnya sebagai seorang pengusaha Anda harus memiliki mental yang kuat dan tak mudah goyah, meskipun masih pemula. Karena modal seorang pengusaha adalah keberanian, tekad yang kuat, serta sifat yang tak mudah menyerah.

Oleh karena itulah, edukasi dan pengetahuan luas menjadi hal yang penting bagi pengusaha pemula agar nantinya mampu menjalankan bisnisnya dengan penuh percaya diri. Anda belum terjun dalam dunia usaha tersebut, jadi Anda tidak tahu bagaimana situasi dan kondisi sebenarnya setelah masuk ke dalamnya. Sebuah antisipasi memang penting, tapi akan lebih baik jika antisipasi tersebut tidak diikuti kecemasan yang berlebihan. Tenangkan diri Anda, lalu mulailah berbisnis dengan sikap yang optimis.

Sebelum mulai membuka usaha baru, tentunya Anda membutuhkan beberapa tips-tips khusus agar nantinya bisnis atau usaha yang Anda jalani tersebut mengalami kesuksesan. Berikut ini adalah cara-cara yang perlu Anda perhatikan :

6 Tips Untuk Memulai Usaha Baru Yang Sukses

Kebanyakan para pemula yang belum pernah menjalankan usaha sebelumnya akan mengalami kebingungan dan kecemasan mengenai cara memulai bisnis dari nol sampai bisa sukses. Anda memerlukan beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk memulai usaha baru Anda.

tips-usaha-baru

  1. Menentukan Jenis Usaha Yang Akan Digeluti

Tips atau cara yang pertama dalam memulai usaha baru yang akan digeluti adalah dengan menentukan jenis usaha tersebut. Poin yang satu ini sangat penting adanya karena berhubungan dengan passion Anda. Sebagian besar pengusaha pemula biasanya memilih bisnis yang sedang tren saja karena dianggap mampu mendatangkan banyak keuntungan secara langsung.

Baca juga : keuntungan seni usaha fashion dan aksesoris

Hal yang seperti ini bisa saja Anda tiru, tapi perhatikan pula minat Anda terhadap bidang tersebut. Jika memang tidak sesuai dengan minat Anda, maka jangan menyesal bila usaha ini hanya akan berdiri sementara. Karena ketika sudah tidak booming lagi dan keinginan pasar menurun, Anda akan kehilangan hasrat untuk menjalankan bisnis tersebut.

 

Akan lebih baik bila Anda memilih bidang bisnis yang sesuai dengan minat. Jangan mudah terbawa arus dan terpacu dengan tren. Misal, Anda memiliki minat berbisnis di bidang kuliner, maka jenis usaha yang layak untuk Anda jalankan adalah usaha makanan, seperti membuka warung makan atau restoran. Di sisi lain, jenis usaha yang Anda pilih tersebut juga harus memiliki angka peminat yang tinggi pula. Karena kunci keberhasilan dari sebuah bisnis adalah memiliki pelanggan atau peminat yang banyak.

 

  1. Memiliki Visi dan Misi Usaha Yang Jelas

Sebelum memulai usaha baru, ada baiknya jika Anda menentukan terlebih dahulu visi dan misi yang akan dijalankan pada masa mendatang. Karena dibalik usaha yang berhasil pastilah terdapat visi dan misi yang jelas serta kuat di dalamnya. Visi adalah sebuah tujuan utama yang ingin Anda raih dalam menjalankan usaha tersebut, sedangkan misi adalah cara-cara yang dilakukan demi mewujudkan visi.

 

Dengan adanya visi dan misi yang jelas, maka usaha yang Anda rintis akan berfokus pada tujuan yang ingin dicapai. Ketika Anda memiliki visi dan misi tersebut, maka dapat dipastikan bahwa kekonsistenan membangun usaha akan terwujud.

Baca juga : 7 bisnis kreatif yang patut di coba

  1. Lakukanlah Survey

Langkah selanjutnya sebelum memulai usaha baru Anda adalah dengan melakukan beberapa survey. Survey yang diperlukan adalah mengenai perilaku konsumen, tingkat persaingan bisnis, dan juga lokasi usaha. Ketika melakukan survey perilaku konsumen, maka Anda harus mengamati bagaimana perilaku konsumen tersebut terhadap jenis usaha yang akan Anda bangun. Pastikan pula bahwa usaha tersebut memiliki peminat yang banyak. Sasarkan bisnis Anda pada kalangan yang memiliki daya beli baik.

 

Survey yang kedua adalah mengenai tingkat persaingan. Cermati seberapa banyak pesaing Anda dan seberapa besar peluang Anda dalam menjalankan usaha tersebut. Selain itu, Anda juga akan mengetahui bagaimana kualitas pelayanan, produk, harga yang diberikan dan informasi lain.

 

Yang terakhir adalah survey lokasi bisnis. Kebanyakan orang mengatakan bahwa lokasi adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah usaha. Hal ini memang benar adanya, karena tak dapat dipungkiri bahwa lokasi yang strategis akan membawa dampak luar biasa terhadap karir bisnis Anda.

buka-usaha-baru

  1. Menyiapkan Modal

Kemudian ada tips yang wajib Anda persiapkan sebelum membuka usaha, yakni modal. Usaha jenis apapun pastinya membutuhkan modal. Modal yang ditekankan dalam masalah ini adalah modal yang berupa uang. Seberapa modal yang perlu disiapkan tentunya bergantung pada jenis usaha Anda. Semakin besar jenis usaha yang akan dirintis, maka semakin besar pula modal yang dibutuhkan.

 

Modal tersebut bisa Anda dapatkan melalui berbagai cara. Pastikan Anda memilih cara yang benar, seperti modal yang berasal dari tabungan pribadi, mencari bantuan investor, atau bisa meminjam dari keluarga maupun Bank. Tapi, sebagai pemula, akan lebih baik jika Anda menggunakan modal dari tabungan sendiri. Karena setiap bisnis memiliki risiko kegagalan. Bila Anda meminjam modal dari Bank, maka kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan saat akan membayar hutang tersebut.

 

  1. Siapkan Ide Khusus Untuk Usaha Baru

Yang dimaksud dengan ide khusus adalah sebuah gagasan tertentu mengenai usaha Anda, bisa dari nama usaha, keunikan produk yang diciptakan, pelayanan, fasilitas dan sebagainya. Pada intinya, Anda harus menciptakan sebuah ciri khas tersendiri untuk usaha Anda. Hal ini diperlukan karena para pelanggan akan menganggap ciri khas tersebut sebagai identitas usaha Anda.

 

  1. Jangan Malas Melakukan Promosi

Tips terakhir bagi Anda sang pengusaha pemula adalah jangan malas melakukan promosi. Promosi merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik minat calon pembeli dan meningkatkan penjualan. Cara untuk berpromosi pun juga perlu diperhatikan. Misalnya, untuk launching usaha, Anda bisa membukanya dengan diskon. Diskon adalah cara yang cukup efektif dalam menarik calon pembeli.

 

Demikianlah 6 tips membangun usaha baru bagi para pemula. Meskipun Anda memulai usaha tersebut dari nol, jangan berkecil hati dan tetap berusaha sebaik mungkin. Kesuksesan pasti akan bersama dengan orang yang bekerja keras tiada henti. Semoga ulasan ini bermanfaat.