ide-bisnis-ramadhan

Ide Bisnis Ramadhan Ini Bisa Jadi Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Posted on

Bagi kebanyakan orang, bulan Ramadhan biasanya dihabiskan dengan kegiatan konsumtif seperti belanja baju lebaran, belanja kue lebaran, dan belanja perlengkapan lebaran. Namun tahukah Anda, bahwa ada banyak ide bisnis Ramadhan yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Tentunya, juga bisa menjadi tambahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama lebaran.

Dari pada hanya menghabiskan waktu puasa untuk melakukan hal-hal yang boros ataupun bermalas-malasan di rumah, lebih baik jika Anda mencoba peluang bisnis yang sangat menguntungkan ini. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya di bawah ini.

ide-bisnis-ramadhan

Ide Bisnis Ramadhan Paling Menguntungkan

Ada banyak usaha musiman di bulan puasa yang dapat Anda coba, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Berjualan baju lebaran

Usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang pertama adalah berjualan baju lebaran. Bulan Ramadhan atau lebaran biasanya dijadikan momen oleh kebanyakan orang untuk bisa berbelanja baju dengan jumlah yang banyak. Nah, dari situasi ini Anda bisa memanfaatkannya menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Apalagi jika harga yang Anda patok lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di toko, tentu akan lebih banyak menarik minat masyarakat. Anda bisa menawarkannya kepada lingkungan sekitar atau bisa saja dengan mempromosikannya secara online sehingga akan lebih banyak yang melihat bisnis Anda.

  1. Berjualan kue lebaran

Salah satu yang paling identik dengan lebaran adalah kue lebaran. Di bulan Ramadhan ini tentu sangat cocok apabila Anda membuka usaha kue lebaran karena pasti akan banyak yang membutuhkannya. Selain bisa meningkatkan keahlian Anda dalam membuat kue, Anda juga akan banyak mendapat keuntungan dari bisnis ini.

  1. Menjual perlengkapan ibadah

Tidak hanya baju baru yang identik dengan hari lebaran, namun perlengkapan ibadah juga biasanya akan sangat diprioritaskan. Nah untuk Anda yang ingin menambah penghasilan selama Ramadhan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba peluang bisnis yang satu ini.

Baca juga : Peluang Bisnis Fashion dengan Dropship

  1. Menjual makanan untuk buka puasa

Bagi sebagian orang yang tidak memiliki banyak waktu, mungkin akan lebih memilih membeli makanan untuk menu berbuka puasa. Hal ini juga bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha untuk menambah pundi-pundi rupiah. Selain untuk berbuka puasa, Anda juga bisa berjualan makanan untuk sahur, dan yang pasti akan lebih banyak keuntungan yang Anda peroleh.

ramadhan

  1. Bisnis parcel

Lebaran biasanya dijadikan momen untuk berkirim parcel baik ke saudara ataupun teman kerja. Untuk bisa melakukan bisnis ini, Anda tidak perlu membutuhkan keahlian khusus. Hanya dengan nge-mix and match berbagai makanan yang ada di minimarket, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Anda juga bisa membuat parcel kue lebaran sehingga akan lebih banyak menarik minat pembeli.

  1. Jasa tukar uang receh

Hal identik lainnya saat lebaran adalah THR yang biasanya diberikan kepada keponakan, sepupu ataupun keluarga lainnya. Di hari-hari menjelang lebaran, biasanya akan banyak yang mencari uang receh ataupun uang baru. Tak jarang jika biasanya Bank penuh dan membuat orang-orang malas untuk ke sana. Nah dari situasi ini, Anda bisa memanfaatkannya menjadi sebuah usaha jasa tukar uang receh dan tentunya akan banyak menghasilkan keuntungan.

  1. Katering hidangan khas lebaran

Saat lebaran, pasti tidak akan pernah ketinggalan yang namanya makanan khas dari daerah. Misalnya saja rendang, opor dan ketupat. Namun karena proses pembuatannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, banyak orang lebih memilih memesan dari pada harus membuatnya sendiri. Dari kesempatan ini, Anda bisa mencobanya menjadi salah satu peluang bisnis. Jika Anda tidak bisa masak, Anda bisa menyuruh ke saudara ataupun yang ahli dalam memasak dan Anda tinggal memberikan modalnya.

  1. Menyewakan kendaraan untuk mudik

Ide kreatif di Bulan Ramadhan yang terakhir adalah menyewakan kendaraan untuk mudik. Jika Anda memiliki kendaraan yang tidak digunakan saat lebaran, ada baiknya jika kendaraan tersebut Anda sewakan kepada teman ataupun tetangga yang sedang membutuhkan kendaraan untuk mudik lebaran. Lumayan kan bisa menambah penghasilan. Namun harus diingat, sewakan mobil Anda ke orang yang benar-benar Anda kenal untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa ide bisnis Ramadhan yang bisa Anda jadikan usaha sampingan selama bulan Ramadhan ini. Namun, Anda harus benar-benar mengelolanya dengan baik jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar.