Seni-Rupa-Terapan

10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Posted on

Seni rupa terapan merupakan salah satu karya seni rupa dari bagian seni itu sendiri. Pastinya warga sendiri telah tidak asing dengan kata seni terlebih karya seni rupa.

Di kehidupan tiap hari warga khususnya senantiasa hidup berdampingan bersama dengan apa yang diucap dengan seni terkhususnya seni rupa. Dalam pelaksanaannya, seni rupa, banyak di antara warga yang belum mengenali serta paham mengenai apa yang diartikan dengan suatu perolehan kreasi seni rupa ini.

Seni rupa terapan merupakan kreasi seni rupa yang dipakai dalam kehidupan tiap hari sebab memiliki angka peranan khusus di samping poin seni yang dipunyanya. Macam- macam seni rupa terapan pasti mempunyai beraneka ragam peranan.

Baca juga : Pengertian dan Unsur Seni Rupa Secara Umum

Berikut 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Ayaman

Ayaman adalah satu karya seni rupa terapan yang dibikin dari serat yang dirangkaikan sampai membuat beda yang kaku. Umumnya anyaman dibikin atau diproses dari beberapa bahan yang datang dari tumbuhan, tetapi bersamaan perubahan tehnologi anyaman dapat dibikin dari serat plastik. Anyaman ini umumnya dibikin untuk jadikan keranjang atau perlengkapan serta biasa kita temui anyaman yang digunakan jadi tikar.

 

Batik

Batik ialah type kain bergambar yang dibikin dalam serangkaian proses tersendiri serta unik. Hasil karya batik adalah karya seni rupa terapan yang mempunyai nilai seni tinggi serta sudah jadi budaya indonesia lama.

 

Corak batik yang bermacam membuat batik bisa diterapkan dalam beberapa hal. Biasanya kita temukan batik berbentuk baju, tetapi sebetulnya skema batik seringkali dipakai dalam soal lain seperti pada dinding jadi wallpaper, dll. Type batik dibedakan menurut tehnik membuatnya serta wilayah asal membuatnya.

Baca juga : 10 Macam dan Jenis Seni Rupa Murni

Kerajinan Kulit

Karya seni rupa terapan ini benar-benar melimpah serta bisa diketemukan dalam beberapa jenis bentuk seperti jaket, sabuk, sepatu, dompet, tas, wayang dan lain-lain. Pengrajin kulit biasanya banyak menyebar di sejumlah kota di Jawa Barat serta Yogyakarta.

 

Sesuai namanya, kerajinan kulit ini adalah satu karya seni berbahan kulit yang telah di samak, kulit mentah atau kulit sintestis. Kulit sendiri dapat dibuat dari sapi, kerbau, kambing, buaya serta ular. Tiap bahan kulit memiliki ciri-ciri semasing, hingga dalam pemakaian serta perawatannya juga berlainan. Proses yang dikerjakan untuk bikin kerajinan kulit ini terbagi dalam :

 

  • Pemotongan
  • Penipisan Bagian Tepi
  • Pelempitan
  • Perekatan
  • Penjahitan
  • Pres
  • Pengemasan

Contoh-Seni-Rupa-Terapan

Pakaian

Siapa yang tidak tahu baju? Kebanyakan orang hidup di dunia ini tentu kenakan pakaian. Baju sendiri sesuatu keperluan premier buat tiap orang. Baju sesuatu karya seni, sebab dalam prosedurnya baju dibikin dengan beberapa tingkatan, mulai dari bahan mentah berbentuk kain sampai bisa kita gunakan dengan nyaman.

 

Seni dalam membuat baju lebih diketahui dengan arti fashion design, serta pembuatnya disebutkan fashion designer. Indonesia kaya sekali dengan budaya, terhitung dalam soal baju tradisi. Beberapa fashion designer saat ini ahli dalam manfaatkan keanekaragaman baju tradisi yang berada di Indonesia jadi inspirasi baju yang akan mereka bikin.

 

Senjata Tradisional

Mengenal dengan Keris? Kujang? Tombak Trisula atau bambu runcing? Ya itu semua ialah senjata tradisional ciri khas Indonesia. S/d sekarang senjata tradisional itu masih dipakai di sejumlah wilayah di Indonesia untuk memburu.

 

Jangan salah, senjata tradisional mempunyai nilai seni yang tinggi, disaksikan dari design senjata serta detailnya. Tiap senjata tradisional dari beberapa wilayah mempunyai kekhasan serta faktor seni tertentu atau dalam kata lain mempunyai keunikan semasing. Banyak kolektor atau budayawan yang mengkoleksi senjata tradisional sebab estetika serta sejarahnya.

 

Peralatan Makan

Di bagian contoh karya seni rupa murni disebut jika ada piring yang berperan cuma untuk hiasan atau pajangan, sebab pada sebenarnya piring ditujukan jadi wadah penyimpanan makanan. Bila dilihat, perlengkapan makan seperti yang kita tahu, piring, gelas, garpu, sendok mempunyai sentuhan seni dari mulai desain, sampai corak atau aksen yang diberi.

 

Peralatan Dapur

Peralatan dapur biasanya terbuat dari alumunium atau logam yang dibuat demikian rupa hingga membuat satu alat yang bisa dipakai untuk mempermudah kita dalam memasak. Seperti wajan serta kawan-kawannya. Nilai seni dari Peralatan dapur sering disaksikan dari memiliki bentuk yang sesuai dengan keringanan serta kenyamanan pemakainya. Karya seni rupa terapan ini dipakai oleh semua rumah tangga di dunia dengan keunikan wilayah atau negara semasing.

 

Peralatan Rumah

Tiap peralatan rumah tangga mempunyai nilai peranan semasing. Seperti bangku, meja, lemar dan lain-lain. Perabitan rumah tangga tetap sesuai dengan keperluan memberi kesan-kesan indah pada rumah supaya pemilik atau orang yang memandangnya merasakan nyaman. Dengan fakta itu karena itu pengrajin perlengkapan rumah tetap memberi kreasi terbaik dalam mendesain atau membuat tiap perlengkapan yang dibikin, dari mulai ukiran, motif, type bahan yang dipakai, warna yang diambil, serta masih banyak.

 

Poster

Poster sesuatu karya seni grafis yang dituangkan pada selembar kertas dengan beberapa ukuran. Walau umumnya poster dibikin dengan digital, tetapi banyak orang yang membuat poster dengan manual selanjutnya di digitalisasi agar diterbitkan dengan online. Agar mengundang perhatian khalayak banyak, poster harus mempunyai nilai seni serta estitika tanpa ada tidak pedulikan info didalamnya dan arah dibuatnya poster itu.

 

Alat Transportasi

Alat transportasi sekarang makin hebat, cepat, serta kekinian. Ini karena disebabkan kompetisi yang makin ketat. Tidak hanya manfaatnya, alat transportasi memiliki kandungan faktor seni. Umumnya beberapa alat transportasi saat ini memakai seni kekinian.

 

Demikian contoh dari karya seni rupa terapan yang seringkali kita temui dalam kehidupan seharian. Yang butuh diingat sebenarnya tidak ada batasan dalam berseni serta seni tetap bisa didapati dalam soal apa pun.