prinsip seni rupa

Prinsip – Prinsip Dasar Seni Rupa

Posted on

Prinsip seni rupa – Sudah pernahkah kita lihat karya seni serta kagum pada keindahan karya seni itu? Nyatanya satu karya seni rupa tidak asal dibikin. Ada beberapa unsur serta prinsip seni rupa yang perlu dilihat serta tetap ada di setiap karya seni rupa.

 

Ada 8 beberapa unsur seni rupa terbagi dalam titik, garis, bagian, bentuk, ruangan, warna, struktur serta gelap jelas. Ke-8 faktor itu tetap ada di setiap karya seni rupa serta jadi faktor pembentuk karya, baik dalam bagian kecil atau besar serta mencolok.

 

Tidak hanya ada beberapa unsur. Ada pula Pemahaman prinsip seni rupa adalah basic yang mendukung semua faktor di atas, untuk dikombinasi jadi satu karya seni yang bagus. Prinsip seni rupa harus dilihat oleh beberapa seniman supaya karyanya mempunyai mendapatkan nilai estetika yang bagus.

 

Pada umumnya seni rupa terbagi dalam 9 prinsip yaitu kesatuan, kesetimbangan, kesesuaian, irama, formasi, kesebandingan, fokus perhatian, penekanan serta gradasi. Beberapa sumber cuma mengikutkan 8 prinsip saja serta tidak masukkan fokus perhatian, walau pada umumnya sebetulnya itu termasuk juga.

 

Nah karena itu dalam artikel ini akan diterangkan bahasan prinsip yang ada dibarengi dengan pengertiannya dengan komplet.

Baca juga : 10 Macam dan Jenis Seni Rupa Murni

Dasar Prinsip Seni Rupa

Di bawah ini akan diterangkan 9 prinsip serta pengertiannya, terbagi dalam kesatuan, kesetimbangan, kesesuaian, irama, formasi, kesebandingan, fokus perhatian, penekanan serta gradasi.

prinsip prinsip seni rupa

 

Kesatuan (Unity)

 

Prinsip seni rupa yang pertama ialah kesatuan atau unity. Yang disebut kesatuan ialah wadah beberapa unsur lain di seni rupa hingga beberapa unsur seni rupa yang ada jadi sama-sama terkait keduanya serta tidak berdiri dengan sendiri.

 

Kesetimbangan (Balance) seni rupa selanjutnya ialah kesetimbangan atau balance. Prinsip ini mempunyai tanggung jawab pada kesan-kesan yang terbentuk dari satu formasi beberapa unsur seni rupa hingga akan ada satu daya tarik buat beberapa pencinta seni yang lihat karya seninya.

 

Keselarasan (Harmony)

 

Kesesuaian atau harmony termasuk juga satu diantara seni rupa. Arti dari kesesuaian ialah jalinan kedekatan beberapa unsur yang berlainan, baik rupa bentuk atau warna, maksudnya adalah untuk membuat satu kesesuaian dalam kesenian.

 

Irama (Rythme)

 

Irama atau rythme jadi bermakna perulangan satu atau lebih faktor dengan teratur serta terus-terusan hingga memiliki kesan-kesan bergerak. Formasi atau pengulangan dari beberapa unsur rupa yang ditata, berbentuk formasi garis, formasi bentuk atau formasi macam warna dalam satu karya seni.

 

Formasi (Composition)

 

Prinsip formasi dalam seni rupa bermakna membuat beberapa unsur  kesenian dengan mengendalikan serta mengorganisasikannya jadi satu formasi bagus, teratur serta cocok. Formasi dalam seni rupa jadi penting supaya satu karya kelihatan semakin bagus serta estetika.

 

Kesebandingan (Proporsi)

 

Seni rupa yang lain ialah kesebandingan atau pembagian. Prinsip ini bertanggung jawab memperbandingkan sisi satu dengan sisi yang lain. Hingga kelihatan sesuai serta enak dilihat. Terkait dengan besar kecil, tinggi rendah, jauh dekat atau luas sempitnya objek pada suatu karya seni.

 

Pusat Perhatian (Center of Interest)

 

Seni rupa selanjutnya ialah fokus perhatian atau center of interest, juga dikenal jadi supremasi. Aplikasinya yakni dengan menonjolkan satu diantara objek sebagai pokok karya seni dibandingkan objek lain. Hingga lebih kelihatan oleh beberapa pencinta seni.

 

Penekanan (Contrast)

 

Penekanan atau contrast dikerjakan dengan menggabungkan dua atau lebih beberapa unsur yang bersimpangan dalam satu karya seni. Ketidaksamaan menonjol pada sisi bentuk, warna atau ukuran akan memunculkan kesan-kesan kontras. Hingga karya seni jadi lebih unik, menarik serta tidak menjemukan.

 

Gradasi (Gradation)

 

Seni rupa yang paling akhir ialah gradasi. Yang disebut prinsip ini ialah prinsip pengaturan warna berdasar tingkat kombinasi formasi beberapa warna dengan makin lama makin. Gradasi seringkali dipakai waktu membuat karikatur, lukisan, mozaik, serta seni rupa 2 dimensi lain.

Baca juga : Pengertian dan Unsur Seni Rupa Secara Umum

Nah itu rujukan 9 prinsip seni rupa serta penuturannya dengan komplet. Terbagi dalam kesatuan, kesetimbangan, kesesuaian, irama, formasi, kesebandingan, fokus perhatian, penekanan serta gradasi. Mudah-mudahan dapat jadi penambahan rujukan.