gerakan tari saman

Mengenal Contoh Seni Tari Saman Asal Aceh Lebih Dekat

Posted on

Bangsa kita Indonesia sudah populer mempunyai kekayaan budaya yang benar-benar bermacam di tiap daerahnya. Kekayaan budaya itu berbagai macam seperti satu diantara misalnya adalah kesenian tari tradisionil.

Nah, satu diantara seni tari tradisionil yang sangatlah populer adalah tari saman. Anda tentu sudah pernah dengar mengenai tarian ini kan? Ya, tarian ini ialah kesenian tradisionil yang aslinya dari Aceh.

Tetapi kurang sampai kita ketahui darimanakah aslinya saja. Namun beberapa hal penting yang perlu didapati, terutamanya buat beberapa generasi muda mengenai kesenian tari ini.

Karena itu tersebut akan diberikan beberapa info tentang tari saman yakni mengenai arti serta peranan dan ke khasan tarian yang datang dari Aceh ini.

 

Makna Dan Fungsi Tari Saman

Tari saman adalah tarian yang benar-benar memerlukan kerja sama di antara team. Biasa dimainkan jadi tempat mengemukakan nasehat, pesan, atau ceramah. Tarian ini memvisualisasikan mengenai keagamaan, pendidikan, sopan santun, kepahlawanan, kebersamaan, serta kepaduan.

Sebelum mengawali tarian ini seseorang pemuka tradisi sebagai wakil warga setempat mengemukakan nasihat-nasihat yang bermanfaat serta berguna untuk pemain, serta pemirsa warga seputar. Pemainnya terbagi dalam wanita-wanita atau pria-pria yang masih terbilang muda dengan memakai baju tradisi ditempat.

Tarian ini lebih diketahui orang luar negeri dibanding dengan tari pendet atau tari kecak dari Bali. Walau sebenarnya cuma tampilkan pergerakan tepok tangan serta pergerakan yang lain seperti gerak guncang, lingang, kirep, serta saring-saring yang jadikan kelihatan unik dibanding tari yang lain.

Keseragaman serta kecocokan di antara pemain ialah hal penting dalam tampilkan tarian ini. Oleh karenanya pemain dituntut untuk berkonsentrasi penuh serta latihan yang serius agar membuahkan tarian yang indah serta membuat kagum siapapun yang memandangnya.

Baca juga : Menyingkap Sejarah Seni Tari Indonesia Masa Kini

Keunikan Tari Saman

Dari beberapa jenis type tarian di Indonesia, tari saman memiliki kekhasan tertentu. Tentu saja keunikan-keunikan itu bisa jadi daya tarik dari atraksi tari saman ini. Lalu apa keunikan-keunikan itu? Di bawah ini beberapa salah satunya :

 

  1. Gerakan Tangan

tari_saman

Jadi Pengiring Tari saman salah satu kesenian tradisionil yang datang dari Aceh. Biasanya tidak memakai pertolongan alat musik untuk menemani pertunjukannya. Tetapi cuma memakai bunyi-bunyian yang datang dari penarinya tersebut.

Bunyi-bunyian atau musik itu terbentuk hasil dari kombinasi nyanyian beberapa penari ditambah lagi suara tepukan dari pergerakan tarian, contohnya lewat tepok tangan, tepok dada, dan tepok paha.

Tapi ada pula yang menampilkannya memakai alat musik seperti kendang yang di mainkan oleh pemimpin tari atau tuan cerdas pandai. Juga bisa lewat suara yang dibikin oleh beberapa pemain tersebut. serta pekikan di tengahnya tarian jadi sinyal perubahan pergerakan.

Tindakan tarinya yang demikian serasi dengan syair-syairnya yang mengalun kencang membuat situasi bergembira ria serta dikagumi oleh beberapa orang.

 

  1. Kaum Pria Dan Wanita Sebagai Pemain

tari-saman-pria-wanita

Tarian tradisionil yang datang dari Aceh ini biasanya cuma dimainkan oleh beberapa pria muda saja. Tetapi bersamaan dengan mengembangnya jaman mulai banyak penari saman dari kaum hawa.

Awalannya cuma dimainkan oleh beberapa pria muda saja yang banyaknya kira-kira 10 orang. Delapan orang bekerja jadi pemain serta dua orang bekerja jadi pemberi aba-aba.

Makin mengembangnya jaman serta dalam masa kekinian ini, tari saman maju serta berkembang. Saat ini bisa ditampilkan dalam acara-acara tersendiri serta tidak diwajibkan acara resmi. Jumlahnya dari pemain dibiarkan lebih dari 10 orang serta beberapa wanita telah dibolehkan untuk memainkannya yang dahulunya tidak dibolehkan.

 

  1. Formasi Yang Unik

Keunikan-Tari-Saman

Penari dengan jumlahnya ganjil umumnya terbanyak sejumlah 17 orang dibikin dengan susunan yang unik. Penari dengan nomer 1 serta nomer 17 diberi nama jadi penumpang.

Sedang penari bernomor 2 s/d nomer 7 serta nomer 11 sampai 16 di ucap dengan penyepit. Selanjutnya penari bernomor 8 serta nomer 10 disebutkan dengan pengapit serta penari nomer 9 diberi nama dengan pengangkat.

 

  1. Keharmonisan Dan Keserasian Antar Penari

 

Pergerakan yang unik serta berlainan dengan tari tradisionil yang lain untuk jadi ketentuan akan kepaduan dan keselarasan antar penari.

Penari dituntut untuk lebih konsentrasi pada tiap pergerakan tarian. Diluar itu penari tetap harus melantunkan syair-syair atau nyanyiannya. Cukup susah kan? Nah karena itu daripada itu jangan mengaku lebih dulu tari saman ialah tarian yang termudah dari tari yang lain.

Kepaduan serta keselarasan harus digerakkan secara baik dalam mempertunjukan tarian ini. Hal itu membuat lebih diketahui orang luar negeri dibanding dengan tari pendet atau tari kecak dari Bali.

Cuma tampilkan pergerakan tepok tangan serta pergerakan yang lain seperti gerak guncang, lingang, kirep, serta saring-saring yang jadikan tarian saman kelihatan unik dibanding tari yang lain.

Keseragaman serta kecocokan di antara pemain ialah hal penting dalam tampilkan tarian ini. Oleh karenanya pemain dituntut untuk berkonsentrasi penuh serta latihan yang serius agar membuahkan tarian yang indah serta membuat kagum siapapun yang memandangnya.

Dari beberapa jenis type tarian di Indonesia tari ini memiliki arti yang unik. Kekhasan itu bisa kelihatan dari beberapa gerakan dari pemainnya serta keselarasan di antara lagu serta pergerakan itu yang menyertainya.

Baca juga : Mengenal Kebudayaan Seni Tari indonesia

  1. Sebagai Media Dakwah

 

Tarian ini biasanya dipakai jadi media tempat mengemukakan nasihat-nasihat serta ceramah ajaran agama Islam. Nasihat-nasihat serta ceramah itu dikatakan lewat satu lirik-lirik lagu yang akan dinyanyikan oleh beberapa penari. Lirik yang digunakan biasanya memakai bahasa Arab serta Aceh.

Tidak hanya nyanyian itu berisi mengenai pesan ceramah serta nasihat-nasihat, nyanyian beberapa penari samaan dapat berbentuk sindiran. Diluar itu memiliki arti sopan santun yang tinggi, edukasi atau pendidikan, kepahlawanan, serta kepaduan dari rakyat Aceh.

Oleh karenanya sebelum dimulainya atraksi tari ini ada pembukaan yang berisi nasihat-nasihat, pesan, atau ceramah yang diberi oleh tuan cerdas pandai atau biasa di panggil syekh.

 

  1. Kostum Atau Busana Yang Beragam

 

Baju atau baju yang dipakai oleh beberapa penari yakni memakai baju tradisi yang biasanya berwarna cerah serta ngejreng dengan hiasan sederhana dibagian kepala.

Ada 3 sisi baju yang dipakai, yakni sisi kepala berbentuk bulung teleng, di tubuh menempel pakaian kerawang, cela, serta kain sarung atau jarik. Diluar itu dibagian tangan ada topeng gelang serta sapu tangan.

 

  1. Diakui UNESCO Sebagai Salah Satu Warisan Dunia

 

Tarian ini mempunyai kekhasan lewat pergerakan tarian, keabsahan, memiliki filosofi yang berbentuk universal, serta kemampuan tular ke warga. Oleh karenanya membuatnya satu diantara adat bangsa Indonesia yang disadari oleh UNESCO tidak hanya wayang, keris, batik, dan alat musik angklung.

 

Demikian pemaparan tentang arti, peranan, dan kekhasan dari tari saman. Nah, dengan membaca pemaparan di atas, diharapakan bisa buka wacana anda tentang tarian yang datang dari Aceh ini. Tentu saja tidak cuma pekerjaan dari orang Aceh saja yang perlu melestarikan kesenian ini. Namun jadi pekerjaan kita bersama dengan jadi masyarakat negara Indonesia untuk melestarikan budaya seni tari saman ini.