Seni-Musik

Keragaman Jenis dan Unsur Seni Musik Indonesia

Posted on

Siapa yang tidak kenal musik. Tentunya umumnya dari Anda tiap hari dengarkan lantunan musik. Disaksikan dari manfaatnya seni musik bisa dipakai jadi alat untuk menyingkirkan kejenuhan, mengekspresikan diri, sampai jadi obat untuk menentramkan diri.

 

Apakah itu seni musik? Menurut Aristoteles seni musik sesuatu tuangan dan tenaga penggambaran yang bermula dari satu pergerakan rasa yang pada sebuah jejeran melodi (suara), yang mempunyai irama. Atau lebih sederhananya seni musik ialah formasi suara yang memiliki kandungan irama, melodi, kedisiplinan, serta harmonisasi.

 

Seperti yang kita tahu, seni musik mempunyai banyak model-model musik. Khususnya untuk musik yang sedang berkembang di waktu ini. beberapa jenis alat musik dibuat cuma untuk memberi kepuasan rasa bermusik serta menganakemaskan penggemar musik.

 

Jenis-Jenis Seni Musik

Seni musik mempunyai beberapa macam. Beberapa jenis itu diantaranya musik tradisionil, musik kekinian serta musik kontemporer. Di bawah ini penuturannya untuk Anda :

 

  1. Musik Tradisional

Tipe seni musik yang pertama ialah musik tradisionil. Kesenian ini umumnya adalah warisan dari nenek moyang yang diturun-temurunkan ke generasinya. Musik tradisionil masih memakai lirik bahasa wilayah, tidak mempunyai notasi, serta alat musik yang dipakai tradisionil misalnya seperti gamelan, angklung, serta karawitan.

 

  1. Musik Kekinian

Seperti yang kita ketahui, musik kekinian sekarang benar-benar berkembang cepat dengan universal. Seni musik kekinian ialah seni musik yang telah terakulturasi dengan tehnologi serta budaya yang kekinian baik instrumen musik atau langkah penyajian musik.

 

  1. Musik Kontemporer

Di Indonesia Tipe musik kontemporer ialah musik yang berkembang pada saat tahun 1990-an. Musik ini mempunyai beberapa ciri macam suara yang kompleks; mempunyai warna atau Tipe bunyi, tempo, serta irama yang beragam; sumber bunyi beragam bukan sekedar dari musik instrumental.

senimusik

Baca juga : 10 Macam Seni Tari Tradisional Di Indonesia

Unsur-Unsur Seni Musik

Kesenian musik tidak akan terbentuk secara baik bila tidak ada beberapa unsur yang membentuknya. Lalu apa beberapa unsur dari seni yang satu ini? Di bawah ini penjelasannya :

 

  1. Irama

Irama atau yang lebih Anda mengenal dengan irama adalah panjang pendek serta tinggi rendah suara. Faktor irama adalah faktor yang penting dalam seni musik sebab irama memastikan ketukan dalam bermusik.

 

  1. Melodi

Seperti yang kita ketahui, melodi ialah satu bentuk bentuk formasi bunyi yang berurutan dari tinggi ke rendah atau rendah ke tinggi. Melodi adalah satu diantara daya tarik dalam seni bermusik.

 

  1. Harmoni

Faktor seni musik seterusnya adalah serasi. Serasi adalah kelompok kombinasi di antara suara serta melodi yang mempunyai kedisiplinan hingga elok untuk di dengarkan. Serasi sering diketahui jadi akord untuk menemani musik.

 

  1. Birama

Berlainan dengan irama, birama ialah faktor ketukan dalam musik dengan waktu serta tempo yang teratur. Ketukan birama biasa dicatat dengan 2/4, 2/3, ¾ serta masih banyak. Anda tentunya sering menemui sinyal pembilang “/” yang berarti menyaratkan jumlahnya ketukan.

 

  1. Tangga

Suara Faktor seni musik yang satu ini biasa dipakai untuk mengendalikan beberapa pemain musik dalam orkestra. Tangga suara adalah faktor musik yang terdiri atas suara yang tersusun bertahap dari mulai suara basic sampai suara tinggi yang disebut faktor penting pada atraksi musik.

 

  1. Tempo

Tempo ialah ukuran kecepatan birama dalam lagu. Misalnya makin cepat lagu dimainkan tempo dalam birama makin cepat dibawakan. Tempo masih dibagi jadi beberapa faktor musik seperti Largo, Lento, Adagio, Andate, Moderato, Allegro, Vivace, serta Presto.

 

  1. Dinamika

Seperti yang kita tahu, dinamika adalah satu sinyal untuk mainkan suara yang terkait dengan volume hingga keluarkan suara yang keras serta merdu untuk di dengarkan. Faktor musik dinamika jadi faktor musik yang paling penting untuk mengutarakan ekspresi musik yang emosional seperti susah, suka, dan lain-lain.

 

  1. Timbre

Timbre atau yang biasa kita mengenal dengan warna bunyi adalah kualitas dari bunyi musik. Contohnya alat musik gitar mempunyai timbre yang berlainan dengan alat musik drum meskipun alat musik itu dimainkan dengan tangga suara yang sama. Hal itu bisa berlangsung sebab tiap alat musik mempunyai timbre yang berlainan hingga memengaruhi bunyi yang keluar dari alat musik.

Baca juga : Mengenal Kebudayaan Seni Tari indonesia

genre seni musik

Macam-Macam Genre Seni Musik

Nah sesudah tahu mengenai beberapa jenis dan beberapa unsur dari seni musik, sebaiknya Anda pun tahu jenis musik yang ada serta berkembang sampai sekarang. Apapun jenis musik itu? Baca penjelasannya berikut ini.

 

  1. Klasik

Untuk Anda yang seringkali dengarkan musik-musik pengantar tidur, Anda tentu kenal sekali Tipe musik yang satu ini. Musik classic mempunyai suara serta harmonisasi yang demikian menarik dibanding dengan jenis musik lainnya. Pembawaannya yang tenang, membuat pendengar merasakan santai dengan Tipe musik ini.

 

  1. Blues

Anda tentu sudah pernah dengar musik blues. Musik yang satu ini adalah musik yang berkembang di Amerika. Jenis ini terbentuk dari satu konotasi perasaan melankolis serta frustasi. Tipe musik ini sering dipakai jadi musik pujian serta spiritual.

 

  1. Jazz

Musik jazz mempunyai banyak fans di Indonesia. Musik yang lahir di Amerika semenjak era ke 60 ini didominasi dengan alat musik biola, piano, saksofon, bass, gitar, terompet dengan lirik yang demikian dalam. Lewat jenis musik jazz banyak musisi yang populer serta mendunia.

 

  1. Funk

Jenis musik yang satu ini adalah penyatuan di antara musik jazz, rythm, serta blues. Mulai tumbuh semenjak tahun 1996-an di Amerika. Musik ini mempunyai suara gitar yang menguasai diselingi dengan drum serta musik yang terpotong-potong hingga membuat alunan yang senang untuk berdansa.

 

  1. Reggae

Musik reggae mempunyai keunikan irama yang backbeat serta progresi kord yang termasuk gampang. Di Amerika, musik yang sering di nikmati dengan jogetan ini sukses menarik ketertarikan pendengar lewat Tipe musik yang memvisualisasikan kebebasan, jiwa muda, serta ekspresi pemberontakan.

 

  1. Hip Hop

Musik hip hop mempunyai kombinasi suara serta irama yang unik hingga pas untuk digabungkan dengan musik rapp. Mulai tumbuh serta diketahui oleh warga pada tahun 1970-an di Amerika. Banyak musisi populer yang terlahir dari saluran musik ini.

 

  1. Pop

Musik pop nyatanya datang dari kata “populer” adalah jenis musik yang termudah didengar serta mempunyai banyak peminat. Sebelumnya seputar tahun 1920 musik pop cuma dipakai jadi musik pengiring tarian. Sampai tahun 1980 musik pop sudah mendunia serta mempunyai banyak fans.

 

  1. Rock

Jenis musik rock adalah kombinasi dari rythm, jazz, blues, serta country. Dengan alat musik drum, bass, gitar yang menguasai musik ini telah mempunyai submusik rock yang lain. Seperti soft rock, hardrock, sampai funk rock.

 

  1. Dangdut

Musik dangdut adalah beberapa macam jenis musik yang datang dari Indonesia. Jenis musik ini adalah kombinasi di antara musik India serta Melayu dengan sentuhan campursari. Bersamaan dengan perubahan zaman musik dangdut sekarang sudah mendunia serta bukan jadi musik yang cuma di nikmati oleh golongan menengah ke bawah.

Sekarang musik dangdut sudah berkembang dengan disertai oleh alat musik kekinian seperti gitar, bass, sampai drum tetapi tidak tinggalkan alat musik ciri uniknya yakni kendang serta seruling.

 

Demikian info tentang seni musik dan keragamannya yang tidak lekang oleh waktu. Bersamaan dengan mengembangnya zaman serta tehnologi, seni musik terus berkembang jadi satu diantara seni yang tidak kehilangan penikmatnya. Serta beberapa orang yang mengatakan jika musik adalah sisi dari hidupnya.