anyaman-tradisional

Contoh Seni Kriya dalam Membuat Anyaman Tradisional

Posted on

Anyaman ialah seni yang mempengaruhi kehidupan serta kebudayaan warga Melayu. Menganyam sesuatu proses memasukkan atau menyilangkan beberapa bahan tersendiri seperti rotan, lidi, akar, pandan, dan lain-lain jadi satu rumpun yang kuat serta dapat dipakai.

 

Menganyam sesuatu seni adat paling tua di dunia. Konon tuturnya pekerjaan menganyam ini di contek oleh manusia dari langkah burung yang sedang membuat sarangnya dengan memakai ranting-ranting yang dikumpulkan.

 

Sejarah dan Asal Usul Anyaman

 

Seni anyaman adalah adat warga Melayu yang masih di kagumi serta di gemari sampai sekarang. Pekerjaan menganyam ini sudah ada sejak jaman jaman dulu.

 

Ini dapat disaksikan dari rumah-rumah orang jaman dulu, dimana dinding rumah mereka masih memakai bambu yang di anyam. Selanjutnya atap rumah orang jaman dulu masih memakai nipah.

 

Seni kerajinan tangan anyaman adalah satu karya yang unik serta susah dalam proses membuatnya. Tetapi usaha untuk mempertahankannya tetap harus dilanjutkan supaya tidak termakan oleh perubahan jaman.

 

Menurut Siti Zainun dalam buku Reka bentuk kraftangan Melayu adat, mengatakan pada jaman pemerintah Long Yunus (1756-1794) di negeri Kelantan, pemakaian anyaman dipakai oleg Raja. Anyaman itu populer dengan panggilan “Tikar Raja”

Baca juga : Mengenal Pengertian Dan Fungsi Seni Kriya

Jenis Macam Anyaman

 

Di bawah ini ialah beberapa jenis anyaman yang seringkali dipakai di Indonesia :

 

  1. Anyaman Mengkuang

Anyaman ini terbuat dari daun mengkuang. Misalnya ialah tikar, tudung saji, dan lain-lain

Anyaman-Menkuang

  1. Anyaman Pandan

Anyaman ini terbuat dari daun pandan. Misalnya ialah tikar untuk sholat serta hiasan dinding.

anyaman-pandan

  1. Anyaman Buluh

Anyaman ini terbuat dari beberapa jenis buluh. Misalnya bakul untuk sisa baju, nyiru, beg, dan lain-lain.

anyaman-buluh

  1. Anyaman Rotan

Anyaman ini terbuat dari tanaman rotan. Misalnya bakul, tampat buaian anak, dan lain-lain.

 

  1. Anyaman Lidi

Anyaman ini terbuat dari lidi yang datang dari tulang daun kelapa. Misalnya lekar.

 

  1. Anyaman Ribu Ribu

Anyaman ini terbuat dari tanaman paku pakis reibu-ribu. Misalnya bakul, tempat tembakau, dan lain-lain.

 

  1. Anyaman Kertas

Anyaman ini terbuat dari kertas. Misalnya hiasan dinding.

anyaman-kertas

Langkah Membuat Anyaman dari Bambu

 

Anyaman bambu memang tidak ada habisnya untuk dibikin jadi kerajinan tangan yang memiliki nilai buat serta nila seni yang tinggi sekali. Di bawah ini beberapa panduan buat kamu yang ingin membuat anyaman berbahan bambu.

 

  1. Langkah awal yang perlu kamu kerjakan ialah sediakan terlebih dulu bahan intinya yakni bambu. Pilih bambu yang telah kuat serta jangan memakai bambu yang begitu tua. Sebab akan susah untuk dibuat. Sedang bila kamu memakai bambu yang muda pun tidak baik sebab seratnya yang masih tajam.
  2. Seterusnya saat pilih bambu, lihat ruas bambu. Pilih bambu yang memiliki ruas yang sama-sama sejajar.
  3. Sesudah bahan telah siap, karena itu siapkanlah beberapa alat yang akan dipakai seperti gergaji, pisau, paku ukuran kecil, dan parang.
  4. Sesudah semua bahan serta alat telah siap, karena itu langkah pertama yang perlu kamu kerjakan ialah membelah bambu dengan singkron dengan buku-bukunya. Potong dengan rapi memakai parang atau juga bisa dengan memakai gergaji.
  5. Sesudah bambu terpotong rapi, keringkan bambu di bawah cahaya matahari. Ini dikerjakan untuk hilangkan kandungan air yang ada di bambu. Jemur sepanjang beberapa waktu sampai bambu betul-betul kering.
  6. Sesudah bambu kering, iris bambu jadi 2 sisi. Belahlah bambu dengan vertikal hingga kamu dapat memperoleh lekukan bambu yang konkaf.
  7. Kemudian raut potongan bambu dengan memakai pisau.
  8. Seterusnya kita masuk dalam proses menganyam. Sediakan 2 helai potongan bambu, satu bambu menghadap ke dading serta yang satunya menghadap ke kulit.
  9. Selanjutnya sediakan sumbu anyaman berbentuk satu helai potongan bambu yang panjang. Sumbu satunya semestinya memakai ukuran zig-zag, ini semakin lebih memudahkan kamu dalam menganyam bambu.
  10. Bikinlah satu pojok anyaman dengan menyilangkan kembali anyaman loka sebaliknya. Selanjutnya lipat itisan bambu supaya sejajar dengan sisi sumbu sisi tengah.
  11. Untuk hitungan pada anyaman semestinya memakai hitungan 1-3-1. Hitungan anyaman ini adalah hitungan yang paling simpel dalam membuat anyaman bambu.

 

Demikianlan salah satu teknik karya seni kriya dalam membuat anyaman dengan memanfaatkan bahan alami. Apakah anda juga tahu kalau hasil karya seni anyaman Indonesia banyak di minati dan di ekspor keluar negeri ? Ini merupakan peluang usaha yang jarang orang ketahui, kalau teknik membuat anyaman bisa menjadikannya terkenal sampai manca negara. Semoga anda salah satunya.