peluang usaha kerajinan tangan

4 Jenis Usaha Kerajinan Tangan Berpeluang Bagus

Posted on

Kerajinan tangan adalah sebuah karya yang diciptakan menjadi produk tertentu dan dikerjakan dengan tangan secara langsung sehingga menghasilkan sesuatu memiliki nilai jual. Kerajinan tangan bisa dipakai menjadi benda-benda yang berguna dan biasanya dibuat berdasarkan sesuatu yang sering dipakai oleh pemakainya, seperti aksesoris, tas, goody bag dan sebagainya. Ada pula produk kerajinan tangan yang hanya dijadikan sebagai ‘pajangan’ karena nilai keindahannya, seperti pigura, vas, bunga plastik buatan, dan lain-lain. Pada intinya, membuka usaha kerajinan tangan merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki hobi dalam bidang tersebut. Karena usaha ini mampu mendatangkan kesuksesan bagi Anda.

Umumnya seluruh kerajinan dipengaruhi oleh berbagai unsur seperti faktor geografis, budaya dan juga sumber daya alam sekitar. Oleh karena itu, tak heran jika kerajinan tangan pada masing-masing daerah berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Contoh nyatanya adalah Jepara, yang sudah terkenal dengan kerajinan ukirnya. Hal ini disebabkan karena kerajinan ukiran sudah menjadi budaya di wilayah tersebut hingga tetap diteruskan secara turun temurun.

seni kerajinan tangan

Sebagai pengusaha yang memiliki minat dalam menekuni bidang kerajinan tangan, sudah sepantasnya bila Anda membutuhkan inovasi tertentu. Penasaran jenis usaha kerajinan tangan seperti apa yang bisa ditekuni? Ini dia jawabannya.

Baca juga : Inspirasi 5 bisnis unik dan langka

Macam-Macam Jenis Usaha Kerajinan Tangan

Semakin banyak kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual tinggi, maka semakin besar pula untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Berawal dari hobi yang terus ditekuni, kemudian mampu berubah menjadi sebuah sumber pendapatan yang menguntungkan. Berikut ini adalah macam-macam kerajinan tangan yang bisa Anda pandang sebagai peluang usaha:

  1. Kerajinan Dari Botol Bekas

Jenis usaha kerajinan tangan yang layak untuk digeluti adalah kerajinan dari botol bekas. Berbagai kerajinan tangan yang berbahan dari botol bekas ini tentunya membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan Anda harus bisa mengolah benda-benda yang tak terpakai dan tidak bernilai, menjadi barang yang memiliki  nilai dan fungsi.

 

Contoh sederhana untuk mengolah botol-botol bekas ini adalah dengan menjadikannya sebagai pot bunga. Kerajinan seperti ini cukup mudah dibuat karena tinggal membentuknya seperti pot saja. Namun titik kesulitannya ada pada saat menghias pot tersebut. Tak mungkin kan Anda hanya membiarkan botol bekas menjadi pot lalu dijual begitu saja? Di sini Anda dituntut untuk bisa melukiskan sesuatu yang unik sehingga memiliki nilai jual.

 

  1. Kerajinan Tangan Dengan Kain Flanel Atau Perca

Usaha kerajinan tangan selanjutnya adalah dengan menggunakan kain flanel atau kain perca. Anda harus bisa menyulam atau menjahit sehingga kain tersebut bisa dipakai untuk membuat barang-barang unik, misalnya saja bunga palsu dari kain flanel atau keset dari kain perca. Buatlah perpaduan warna yang pas dan cantik agar produk tersebut layak untuk dijual.

 

  1. Kerajinan Membuat Aksesoris Wanita

Satu lagi kerajinan tangan yang sampai sekarang banyak ditekuni oleh orang lain yakni dengan membuat aksesoris wanita. Aksesoris merupakan hal yang penting untuk menunjang penampilan mereka, sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Contoh aksesoris yang sering dipakai oleh wanita adalah kalung dan gelang. Melihat fakta ini, maka banyak pihak yang menjadikannya sebagai peluang usaha menjanjikan.

kerajinan tangan wanita

Tapi bagi Anda yang baru akan menggeluti usaha ini, bisa menggunakan bahan-bahan sederhana untuk bisa membuat gelang atau kalung. Gelang pun bisa dibuat hanya dengan menggunakan benang atau bahkan tali sepatu. Coba buat kerajinan ini dengan dilengkapi berbagai pernak-pernik lainnya agar semakin cantik.

baca juga : keuntungan seni usaha fashion dan aksesoris

  1. Kerajinan Tangan Dari Bambu

Usaha kerajinan tangan yang juga telah banyak dilakoni kerajinan dari bambu. Bambu merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia, sehingga para pelaku bisnis dapat memanfaatkan batang pohonnya untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan bernilai tinggi. Kerajinan dari bambu yang sudah terkenal adalah anyaman yang bisa dibentuk menjadi berbagai macam produk. Akan tetapi, masih ada kerajinan dari bambu selain anyaman, yakni dengan membuat bingkai foto. Untuk cara membuatnya sendiri membutuhkan keahlian khusus dalam mengolah kayu.

 

Manfaat Membuka Usaha Kerajinan Tangan

 

Jika membicarakan tentang kerajinan, maka sebagian besar orang pasti akan memikirkan tentang kerajinan tangan. Bagi para pelaku usaha, kerajinan tangan memanglah sebagai sumber penghasilan, tapi di sisi lain, ternyata kerajinan tangan memiliki dampak positif dalam mengembangkan sikap, kreatifitas dan juga kepekaan cita rasa yang membentuk pribadi menjadi lebih baik. Ini dia beberapa manfaat yang didapatkan dengan kerajinan tangan di samping menghasilkan uang :

 

  1. Mampu Mengembangkan Sikap Diri

Membuat sebuah kerajinan tangan biasanya memerlukan kesabaran yang tinggi. Dampak positif yang dapat dirasakan setelah membuat kerajinan tangan adalah Anda akan semakin sabar dalam menghadapi dan memecahkan berbagai masalah. Mengapa bisa demikian? Mari kita ambil contohnya. Misal Anda sedang membuat kerajinan berupa anyaman bambu. Proses pembuatan anyaman bambu tentunya tidak dapat dilakukan secara kilat bukan? Memerlukan waktu beberapa lama agar menghasilkan produk yang rapi dan berkualitas.

Di sinilah kesabaran dilatih. Analogi seperti ini juga berlaku dalam kehidupan Anda. Ketika menghadapi suatu masalah, maka Anda perlu bersabar karena lama-kelamaan masalah tersebut akan menemukan jalan keluarnya.

 

  1. Membantu Meningkatkan Kreativitas

Dampak positif lainnya adalah mampu meningkatkan kreativitas otak yang Anda miliki. Seperti yang kita ketahui bahwa kerajinan tangan haruslah mampu menciptakan produk yang bernilai jual tinggi. Sedangkan untuk bisa menciptakan produk benilai jual tinggi itu, Anda harus mengolahnya terlebih dahulu secara unik dan menarik. Keterampilan seperti inilah yang semakin mengasah kreativitas sehingga tanpa batas.

 

  1. Mampu Meningkatkan Kepekaan Cita Rasa

Manfaat yang terakhir adalah meningkatkan kepekaan cita rasa terhadap semua karya seni. Kerajinan tangan juga salah satu bagian dari karya seni, jadi tentu Anda sudah memiliki kepekaan khusus dalam membuat sebuah produk untuk dijual. Dengan semakin banyak karya yang diciptakan, maka akan semakin meningkat pula selera atau kepekaan cita rasa Anda terhadap seni tersebut.

 

Begitulah contoh jenis usaha kerajinan tangan yang layak untuk ditekuni dan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Menjalankan usaha tak melulu soal berapa penghasilan yang didapatkan, tapi juga mengenai kerja keras menggunakan hati. Hal ini diperlukan agar produk yang tercipta memiliki kualitas dan bernilai tinggi.