usaha kesenian

5 Peluang Usaha Seni Paling Menguntungkan

Posted on

Seni adalah sesuatu yang indah dan bernilai. Itulah mengapa orang yang memiliki bakat dan hobi seni itu biasanya adalah orang yang unik dan lain dari pada yang lain. Umumnya mereka punya selera yang lebih tinggi dari orang kebanyakan. Meskipun demikian, pekerja seni haruslah kreatif, karena usaha seni selalu membutuhkan penyegaran, agar dapat menghasilkan karya yang tidak biasa dan bernilai tinggi. Kamu yang punya hobi seni, bisnis seni kreatif berikut ini bisa kamu tekuni. Selain cocok untuk passion kamu, ide-ide bisnis ini juga menggiurkan dapat untung melimpah.

5 Peluang Usaha Seni Paling Menggiyurkan

  1. Make Up Artist (MUA)

Jangan salah. Pekerjaan ini bukan pekerjaan biasa, seperti halnya kamu memoles untuk diri sendiri. Tidak mudah untuk menjadi make up artist. Selain harus menguasai teknik memoles wajah yang baik dan benar, agar penampilan klien flawless dan sempurna sesuai dengan keinginan, seorang make up artist juga perlu memiliki jiwa seni yang cukup tinggi. Kenapa? Karena pada saat mengaplikasikan kosmetik dan peralatan make up lainnya, kamu dituntut untuk tepat sesuai dengan imajinasi, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Faktanya memang tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan sebagai make up artis. Pekerjaannya pun tidak mudah dan bisa dilakukan semua orang. Itulah sebabnya pekerjaan ini biasanya akan dihargai cukup tinggi. Kamu yang suka dengan pekerjaan memoles atau berdandan dan memiliki jiwa seni yang bagus, silahkan mendaftar dan menggelutinya. Selain kamu akan senang melakukannya, karena sesuai dengan passion seni kamu, usaha seni ini juga bisa membawa kamu menjadi kaya.

Jika memang saat ini modal yang kamu miliki baru minat dan bakat, tidak masalah. Kamu bisa memperdalam ilmu tentang make up artist ini di kursus-kursus professional atau lembaga-lembaga sejenisnya. Tujuan mengikuti kegiatan di kelas tersebut adalah agar kamu menjadi lebih mahir dan menguasai banyak hal terkait dengan profesi yang kamu incar ini.

Baca juga : Bisnis seni yang mampu datangkan untung besar

2. Clothing Line

Ada banyak cara untuk mengekspresikan diri. Salah satu cara mengekspresikan diri yang sedang booming akhir-akhir ini adalah menunjukkan perasaan dan pikiran melalui kaos. Lihatlah kini banyak sekali orang-orang memakai kaos dengan tulisan ataupun gambar yang unik dan kreatif. Bahkan belakangan ada pula kaos dengan tulisan provokatif. Apapun itu, artinya bisnis desain kaos sedang sangat dibutuhkan saat ini.

Kamu yang punya hobi seni, terutama seni mendesain, clothing line bisa bikin kamu kaya dan sukses. Jenis usaha seni ini hanya menuntut kamu untuk membuat kaos dengan desain-desain yang unik dan menarik. Tujuannya tentu agar para calon konsumen lebih mudah tertarik dan akhirnya mau membeli karya kamu. Mudah sekali, kan?

Tips agar bisa sukses buka usaha seni desain kaos atau clothing line iniĀ  adalah orisinalitas dan keunikan. Kedua hal tersebut menjadi kunci penting yang bisa membawa kamu untuk sukses dan bisnis yang kamu jalankan laris manis.

Tentu saja di luar kedua modal tersebut, hasil yang maksimal menjadi syarat mutlak, agar konsumen puas dan kembali lagi memakai jasa kamu. Hasil maksimal tidak hanya bergantung pada cara kamu mengerjakan pekerjaan tersebut, tapi juga penggunaan bahan kaos dan peralatan pendukungnya harus berkualitas, agar nyaman dikenakan.

3. Graphic Designer

Saat ini desainer grafis sangat dibutuhkan sekali. Apalagi ditambah dengan menjamurnya online shop yang membutuhkan jasa ini. Untuk kamu yang memiliki hobi seni melukis ataupun hobi editing foto, bisa membuka usaha seni desain grafis. Nilai plusnya lagi, kamu bisa mengerjakannya baik secara online maupun offline. Malahan, sekarang pekerjaan ini lebih banyak sebagai freelancer. Keuntungan freelancer desain grafis, kamu bisa bekerja di mana saja dan kapan saja tanpa harus merasa stress dengan rutinitas kerja seperti di kantor.

Modalnya tidak banyak untuk terjun ke usaha seni seperti ini. Selain passion seni lukis atau edit foto, kamu juga perlu mendalami aplikasi desain grafis, seperti Photoshop, Corel Draw dan sejenisnya. Mendalaminya juga tidak butuh modal banyak, karena saat ini tutorial belajar aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan gratis melalui artikel-artikel di internet.

Inti dari pekerjaan ini adalah kamu dituntut untuk dapat menyampaikan informasi melalui media gambar, seperti poster, iklan, kemasan produk dan lain sebagainya. Meskipun hanya bermodalkan laptop grafis, jiwa seni kreatif dan teknik desain grafis, dari usaha seni ini kamu bisa jadi jutawan. Apalagi jika kamu berhasil membuat logo suatu perusahaan besar. Menggiurkan sekali, bukan?

Baca juga : Inspirasi bisnis unik dan langka

4. Pelukis karikatur

Meskipun tergolong usaha seni yang lawas, namun pelukis karikatur tetap mendapat tempat di hati masyarakat. Terlebih bagi mereka yang suka dengan seni, namun tidak bisa mewujudkannya. Artinya mereka butuh orang lain yang memiliki jiwa seni dan dapat mengerjakan apa yang mereka inginkan.

Pelukis karikatur tergolong usaha seni bermodal kecil yang untung besar. Bagaimana tidak menggiurkan jika modal yang kamu butuhkan cuma bakat seni melukis dan peralatan lukis konvensional seperti kertas dan pensil, kamu bisa membawa pulang honor yang lumayan. Kamu pun tidak perlu menyewa tempat atau pagelaran seni yang besar. Jika kamu datang dengan modal kecil, kamu pun bisa memulainya dengan mempromosikan hasil karya kamu di sosial media. Saat ini, sosial media memang pilihan terbaik untuk promosi. Jadi cara ini sangat tepat untuk dipilih dan pasti work untuk usaha seni seperti ini.

Karikatur tidak hanya bagus sebagai pajangan di rumah, tapi juga sebagai souvenir juga bagus. Kamu bisa menargetkan pembeli yang membutuhkan souvenir untuk acara mereka, kado ulang tahun, kado anniversary dan kado wisuda. Banyak kan kesempatan yang bisa kamu dapatkan untuk meraih uang dari karikatur ini? Buruan coba! Pastikan hasil karikatur kamu orisinil dan unik, sehingga orang-orang akan suka dan bangga untuk memilikinya.

5. Handicraft dari kaca

Pelukis tidak hanya bisa melukis di kertas dan kanvas saja. Kamu yang punya hobi melukis bisa membuat ragam handycraft menarik dari bahan kaca. Usaha seni kerajinan ini sangat diburu, khususnya oleh mereka yang suka dengan karya seni unik dan tidak biasa. Itulah mengapa, pembuat lukisan mosaic di kaca menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan di tahun 2018 ini.

Cara kerjanya pun mudah. Kamu cuma butuh modal passion melukis dan kekereatifitasan. Kamu akan bekerja sesuai dengan permintaan pelanggan, sehingga jiwa kreatif sangat diperlukan di sini. Tentu tujuannya agar hasil karya seni kamu unik dan sesuai dengan permintaan pelanggan. Semakin unik karya kamu, maka semakin tinggi nilai seni dan rupiahnya.

Selain bekerja sesuai dengan permintaan pelanggan, usaha seni ini juga dapat kamu jalankan dengan menjadi pemasok untuk toko-toko interior. Atau untuk mengembangkan sayap, kamu juga bisa mengikuti setiap ada pameran seni dan acara komunitas. Dari acara-acara tersebut, kamu bisa sekalian promosi dan belajar dari karya-karya seni dari seniman lainnya.

Itulah 5 jenis usaha seni paling menjanjikan yang bisa kamu geluti dan kembangkan. Beberapa diantaranya tidak membutuhkan modal yang besar, karena pada dasarnya bisnis karya seni modalnya yang sangat penting adalah bakat seni. Seniman atau orang yang memiliki bakat seni dituntut kreatif, sehingga wajar orang-orang semacam ini selalu memiliki cara pikir yang unik. Apa kamu termasuk salah satu diantara mereka? Jika iya, sudahkah kamu menemukan jenis usaha seni yang cocok untuk passion kamu?