Tips Memilih Supplier di Bisnis Fashion dan Aksesoris

Posted on

Berbicara tentang bisnis, dewasa ini bisnis jenis fashion dan aksesoris merupakan salah satu bisnis yang banyak digandrungi oleh para pelaku usaha. Bisnis fashion dan aksesoris ini dianggap sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan dapat bertahan lama. Tren fashion yang kerap mengalami pembaharuan pada periode tertentu ini selalu menjadi incaran konsumennya yang mengikuti gaya.

Memilih untuk menjalankan bisnis fashion dan aksesoris ini bukanlah sebuah kesalahan, meskipun sudah banyak pelaku usaha yang terjun dalam bidang yang sama. Kita tahu sendiri fashion dan aksesoris pada jaman sekarang ini bahkan sudah menjadi kebutuhan. Jadi, jika Anda juga berencana untuk terjun dalam bidang ini, sah-sah aja selama Anda bisa mengakalinya agar bisnis yang Anda miliki tidak monoton.

Untuk bisa memulai bisnis fashion dan aksesoris, tentunya Anda membutuhkan supplier handal yang bisa diajak bekerja sama. Terutama jika Anda masih pemula. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih supplier. Berikut ada beberapa tips memilih supplier untuk bisnis dalam bidang fashion dan aksesoris ini. Mari kita simak apa saja tipsnya.

5 Tips Memilih Supplier Dalam Bisnis Fashion Dan Aksesoris      

Menjalankan sebuah bisnis tak jauh dari kata kerja sama. Apalagi bagi Anda seorang pelaku usaha dalam tahap pemula. Banyak ilmu bisnis yang perlu dipelajari seiring dengan menjalankan usaha terutama di bidang fashion dan aksesoris. Karena usaha ini sudah banyak dijalankan oleh orang lain, maka Anda harus memutar otak untuk bisa menciptakan sebuah brand maupun ciri khas dari produk fashion dan aksesoris yang ingin Anda jual.

Bisnis Fashion Dan Aksesoris

Nah, untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut, tentunya Anda butuh supplier yang memiliki ciri khas khusus dalam memproduksi barang-barang berkaitan dengan fashion dan aksesoris. Selain itu, Anda juga harus memiliki sasaran yang tepat agar nantinya Anda bisa menjual barang-barang tersebut kepada para calon pembeli yang tepat pula.

Mencari supplier untuk bisnis fashion dan aksesoris ini bukan perkara yang mudah. Meskipun sekarang mencari supplier sudah bisa dengan cara online, namun Anda tetap harus teliti menyelidiki seluk beluk supplier tersebut. Lalu bagaimanakah trik-trik khusus untuk bisa memilih supplier yang tepat, terutama supplier online? Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda ikuti :

  1. Melihat Riwayat Atau Track Record Dari Supplier

Cara pertama untuk bisa mencari dan memeriksa apakah supplier yang ditemukan             adalah supplier yang berkualitas dan terpercaya, yakni dengan melihat track record           supplier dari para customernya. Cari tahu bagaimana riwayat pelayanan tersebut         kepada para pembeli yang pernah melakukan transaksi. Jangan sampai Anda tertipu     dengan testimoni palsu yang bisa saja dicantumkan pada akun supplier untuk    membuat para customernya percaya.

Jika supplier tersebut memiliki akun media sosial seperti Facebook, Anda bisa       mengeceknya melalui page Facebook dari supplier. Cara lainnya, Anda bisa                     menanyakan kepada orang-orang yang tergabung dengan forum online shop mengenai            supplier yang sedang Anda incar. Yang terpenting adalah Anda harus jeli dalam memeriksa semua track recordnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Pastikan Kontak Supplier

Langkah yang kedua adalah dengan memastikan kontak dari supplier tersebut.       Supplier yang berkualitas dan dapat dipercaya biasanya mencantumkan beberapa kontak yang bisa dihubungi. Baik itu kontak nomor telepon, whatsapp, maupun     website yang dimiliki. Untuk bisa memastikan kebenarannya, Anda bisa        menghubungi kontak dari supplier tersebut dan menanyakan tentang produk fashion         dan aksesoris yang dijual, atau menanyakan tentang kerja sama kedua belah pihak.

  1. Pastikan Kualitas Produk Yang Dijual Supplier Dengan Membeli Beberapa Sample

Tips selanjutnya yang tak kalah penting dalam mencari supplier yang berkualitas dan        terpercaya adalah dengan membeli beberapa produk dari supplier tersebut sebagai      sample. Apalagi jika Anda ingin terjun dalam bisnis fashion dan aksesoris, maka hal ini menjadi wajib hukumnya. Semua ini dilakukan agar Anda tahu persis bagaimana   kualitas produk dari supplier yang akan dipilih.

Langkah ini menjadi tindakan preventif sebelum Anda benar-benar melakukan kerja         sama dengan supplier tersebut. Jangan sampai nantinya Anda menyesal karena    ternyata memilih supplier yang menjual produk kurang berkualitas. Terlebih lagi       dalam bidang fashion dan aksesoris yang akan menjadi pusat perhatian.

  1. Ketahui Pula Bagaimana Kebijakan Sistem Supplier Terkait Dengan Kerja Sama Yang Dilakukan

Jika Anda ingin memulai bisnis fashion dan aksesoris sebagai seorang dropshipper            maupun reseller, Anda harus tahu bagaimana kebijakan serta sistem yang diterapkan           oleh supplier tersebut. Untuk dropshipper, sebaiknya Anda banyak bertanya dan juga        mempelajari masalah fashion dan aksesoris yang dijual oleh supplier tersebut. Karena seorang dropshipper tidak memiliki stok barang, maka hal ini menjadi salah satu       kendala yang harus bisa Anda tangani ketika nantinya ada pelanggan yang melakukan       komplain.

Sedangkan untuk reseller cenderung lebih aman karena memiliki beberapa stok.    Sehingga reseller tahu pasti bagaimana keadaan barang yang akan dikirim, begitu pula          sistem pengembalian produk jika nantinya ada produk yang rusak maupun cacat.         Jangan sampai keluhan dari pelanggan tak ditanggapi dengan baik, karena dapat      merusak citra Anda sebagai sang penjual.

  1. Pilih Supplier Yang Memiliki Katalog Produk

Tips terakhir adalah dengan memilih supplier yang memiliki katalog produk. Supplier      yang memiliki katalog produk ini akan memudahkan Anda untuk melihat berbagai         macam produk fashion dan aksesoris yang dijual. Selain itu, katalog produk yang bisa   di download ini akan membuat bisnis fashion dan aksesoris Anda menjadi lebih berkualitas.

Bisnis-Fashion-dropship

Kesalahan Dalam Memilih Supplier

Setelah melihat beberapa tips di atas, diharapkan Anda sebagai pelaku bisnis dapat memperoleh supplier yang berkualitas dan terpercaya. Namun, terkadang masih ada beberapa kesalahan dalam memilih supplier yang perlu diperhatikan. Simak beberapa kesalahan di bawah ini sebagai acuan agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama :

  1. Memilih Supplier Online Dengan Foto Produk Ala Kadarnya

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh para dropshipper maupun reseller adalah dengan memilih supplier yang memajang foto produk seadanya. Meskipun supplier tersebut memiliki foto-foto produk yang lengkap, ada baiknya Anda memilih supplier   profesional yang memajang foto produk secara unik dan rapi. Karena foto yang ala    kadarnya ini tidak dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

  1. Pelayanan Supplier Yang Kurang Mengenakkan

Dalam sebuah bisnis, masalah pelayanan merupakan salah satu hal terpenting. Jika Anda menemui supplier yang tidak melayani dengan baik, maka tinggalkan saja supplier ini. Meskipun sang supplier memiliki produk-produk bagus dan sesuai   dengan ekspektasi bisnis fashion dan aksesoris yang Anda geluti, jangan ambil       supplier tersebut. Jika pelayanan terhadap mitra bisnis saja tidak baik, maka bagaimana bisa Anda melakukan kerja sama dengannya? Lebih baik cari supplier yang lain.

  1. Tidak Memberikan Harga Khusus Untuk Dopshipper Atau Reseller

Meskipun sebagai pelaku bisnis pemula, Anda harus bisa memilih supplier yang   memberikan harga khusus untuk dropshipper maupun reseller. Jika supplier  memberikan harga yang sama dengan dijual oleh customer, otomatis Anda harus  menaikkan harga produk. Nah, jika ada harga yang lebih murah dengan kualitas yang   sama, konsumen tentunya akan memilih penjual yang memberikan harga murah. Hal             seperti ini justru dapat merugikan Anda.

  1. Menganggap Dropshipper dan Reseller Sebagai Bawahan

Jangan lakukan kerja sama dengan supplier yang masih menganggap seorang        dropshipper dan reseller adalah bawahannya. Meskipun dropshipper atau reseller     memang membutuhkan supplier, akan tetapi kedua pelaku tersebut juga turut           membawa keuntungan bagi perkembangan bisnis supplier. Supplier seperti ini akan         sulit untuk diajak kerja sama, jadi sebaiknya jangan memilih supplier dengan karakter           seperti ini.

Kembali lagi, dalam memilih supplier untuk bisnis fashion dan aksesoris ini dibutuhkan ketelitian dan kecermatan. Jangan malas untuk bertanya atau melakukan penyelidikan terhadap supplier yang diincar. Semua ini dilakukan demi lancarnya bisnis yang Anda bangun.