Rahasia Cara Menjadi Youtuber Yang Sukses Mulai Dari Nol

Posted on

Cara menjadi youtuber yang sukses bisa dibilang gampang-gampang susah. Banyaknya pesaing dan konten yang semakin kreatif membuat persaingan semakin ketat. Namun untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan sekaligus menggali potensi kreatifitas jangan takut untuk mencoba. Anda harus berani mencobanya dan membangunnya mulai dari nol.

Banyak youtubers yang sudah terkenal dengan kontennya yang bermutu yang bisa dijadikan contoh. Mengamati, meniru dan memodifikasi adalah salah satu kuncinya. Untuk Anda yang tertarik menjadi youtuber dan benar-benar memulainya dari nol, silahkan simak beberapa tips berikut ini.

Youtuber sukses

Tips cara menjadi youtuber yang sukses

  1. Tentukan konten berdasar audience atau viewersnya

Cara menjadi youtuber yang sukses untuk Anda yang memiliki akun baru dan masih benar-benar tidak memiliki viewer penuh dengan tantangan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan siapa audience atau yang akan menjadi viewersnya. Sebelumnya kita harus tahu bahwa ada 2 tujuan orang menonton channel youtube. Yang pertama karena ingin mendapatkan edukasi yaitu berupa ilmu pengetahuan, fakta dan berita. Yang kedua karena ingin mencari entertainment yaitu berupa kesenangan, hiburan.

 

  1. Buatlah video berkualitas

Subscriber sebagai follower dari channel kita adalah sumber yang akan membuat channel bisa tumbuh dan berkembang. Cara menjadi youtuber yang sukses salah satunya dengan membuat video berkualitas karena algoritma google memprioritaskan konten yang berkualitas dan menarik subscriber.

Baca juga : Mau Jadi Youtubers Sukses? Coba Tiru 5 Strategi Artis Ini

Buatlah konten yang menarik di awal detik sehingga penonton akan tertarik untuk melanjutkan ke menit berikutnya. Jangan lupa juga buatlah optimasi pada judul dan thumbnail semenarik mungkin. Hal ini akan membuat banyak orang penasaran dan tertarik untuk membukanya.

  1. Carilah penonton dari lingkungan sosial terlebih dahulu dan jangan menggunakan black hat

Anda bisa memperkenalkan channel Anda melaui media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya sebagai cara menjadi youtuber yang sukses. Namun jangan pernah melakukan spam di sosial media karena konsekuensinya Anda akan di banned. Biarlah viewer datang dengan cara natural walaupun memerlukan waktu yang lama. Karena semuanya membutuhkan proses.

 

  1. Berkolaborasi dengan youtuber lain

Cara menjadi youtuber yang sukses salah satunya dengan berkolaborasi dengan youtuber lain yang mungkin sudah memiliki banyak subscriber. Walaupun tidak dengan cepat menaikkan subscriber Anda, tapi hal ini sangat berguna untuk memperkaya konten Anda.

 

  1. Membalas komentar di video dan memberikan komentar di video youtuber lain

Ini adalah cara untuk membangun hubungan Anda dengan para viewer dan juga youtuber lain. Dengan hal ini mereka akan merasa dihargai dan tidak menutup kemungkinan dapat menjadi penonton setia channel Anda.

 

  1. Optimasi deskripsi dan tampilan channel youtube

Melakukan optimasi adalah sesuatu yang sangat penting dan Anda dapat melakukannya lewat tampilan dan deskripsi. Yang paling mencolok adalah tampilan, karena tidak dapat dipungkiri, bungkus atau tampilan luar selalu membuat terkesan dan tergoda untuk melihat kontennya. Buatlah juga deskripsi secara singkat tentang kontennya agar viewer tertarik.

 

  1. Memahami agloritma youtube dan mainkan sesuai aturannya

Karena membuat konten youtube itu sama dengan bekerja dibawah aturan agloritma, maka yang akan menang adalah yang engaging atau menarik. Sekarang yang menjadi tolak ukur adalah jumlah waktu kunjungan, jumlah viewer, rasio like, subscriber dan sosial share.

 

  1. Kualitas dan kuantitas dari channel youtube

Mendapatkan jutaan viewer bukan tolak ukur agar mendapat peringkat bagus. Yang terpenting adalah kualitasnya dan penonton mau menonton setengah durasi konten. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan ranking 1-3 dalam pencarian keyword.

 

  1. Menerima feedback dari viewer

Dalam sebuah channel pasti akan ada yang memberikan komentar baik yang positif maupun negative. Anda harus berlapang dada menerimanya dan mempertimbangkan saran yang diberikan demi kemajuan konten youtube Anda.

Cara menjadi youtuber yang sukses memang memerlukan waktu yang lama. Namun percayalah bahwa proses akan membawa Anda menjadi seseorang yang tangguh dan mampu bersaing. Hasil yang didapatkan adalah buah dari semua proses yang telah terlampaui. Jadi, mantapkan niat untuk terjun menjadi youtuber dan jangan mudah patah semangat untuk berjuang dari nol.