usaha_souvenir_pernikahan

Peluang Usaha Souvenir Pernikahan dan Tips Jitu Agar Sukses

Posted on

Mau berbisnis menguntungkan tapi modal yang dimiliki sedikit? Tidak perlu risau, usaha souvenir pernikahan saja! Usaha ini bisa dimulai dari modal yang kecil terlebih dahulu. Baru setelah bisa jalan, kamu bisa mengembangkannya. Dalam acara pernikahan, kehadiran souvenir merupakan salah satu yang paling ditunggu oleh para tamu undangan. Ini bisa menjadi bentuk kenang-kenangan dan simbol ucapan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan, sehingga sifatnya wajib. Terlebih jika konsep pernikahannya tergolong meriah, souvenir harus ada.

Peluang Usaha Souvenir Pernikahan

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan Usaha souvernir pernikahan. Salah satu yang pasti adalah faktor kegunaan souvenir tersebut. Pernikahan tanpa souvenir seperti ada yang kurang. Kamu bahkan bisa banjir pesanan jika bulan-bulan pernikahan datang. Kuncinya adalah buat atau sediakanlah souvenir yang unik dan menarik. Harganya pun perlu disesuaikan dengan target market incaran kamu.

Kamu bisa memulainya dengan modal kecil tanpa perlu menyewa tempat. Gunakan salah satu ruangan di rumah kamu yang masih tersisa. Selain itu, promosinya pun tidak harus langsung yang besar. Kamu bisa memulainya dengan promosi melalui sosial media. Bahkan promosi melalui sosial media dan internet lebih sangat menjanjikan dari pada promosi secara konvensional dengan cetak brosur dan lain sejenisnya.

Peluang usaha souvenir pernikahan

Baca juga : Kisah pengusaha sukses dibawah umur

Tips Sukses Usaha Souvenir Pernikahan

Usaha souvenir pernikahan termasuk bisnis yang menggiurkan, karena peran souvenir yang cukup penting dalam sebuah pernikahan. Meskipun demikian, kamu yang mau terjun ke bisnis ini perlu mengetahui tips dan triknya. Tujuannya tentu agar usaha yang kamu jalankan lancar, mulus dan sukses. Kesuksesan dan kelancaran usaha tergantung pada tingkat penjualan. Berikut ini beberapa tips sukses usaha souvenir pernikahan yang perlu kamu terapkan jika ingin menjadi jutawan;

1. Tentukan jenis usaha souvenirnya

Usaha souvenir terbagi menjadi dua cabang, pertama sebagai produsen dan kedua adalah pedagang atau grosir. Jika pilihan kamu adalah sebagai produsen, kamu perlu memikirkan skill atau kemampuan orang yang akan membuat souvenir tersebut. Dan bagaimana kamu akan membuatnya, disini perlu memikirkan skill yang kamu miliki apakah telah layak memenuhi standar pembuatan souvenir yang menarik sesuai dengan target market atau belum.

Jika kamu berniat untuk merekrut karyawan untuk membantu proses pembuatan, kamu juga perlu memikirkan skill calon karyawan tersebut. Dalam pembuatan souvenir tentu dibutuhkan skill seni yang cukup. Hal ini bertujuan agar hasil dari karya souvenir kamu bagus dan rapi.

Untuk kamu yang ingin bisnis usaha souvenir pernikahan dengan modal kecil, menjadi pedagang grosir adalah pilihan yang tepat. Di sini kamu hanya perlu menyediakan barang-barang. Meskipun demikian, kamu perlu teliti dalam memilih calon supplier. Pikirkan siapa yang akan menjadi grosirnya. Pilihlah grosir yang memiliki produk yang unik, menarik dan rapi.

2. Siapkan permodalan

Dalam bisnis apapun, menyiapkan modal adalah suatu keharusan. Modal dapat diperoleh dari mana saja, baik aset pribadi maupun hasil meminjam. Modal untuk usaha souvenir memang bisa dimulai dari sedikit demi sedikit. Namun kamu perlu manajemen yang baik, agar usaha souvenir pernikahan yang kamu rintis dapat berkembang, sehingga modal dapat semakin besar.

Semakin besar modal bisa berbanding lurus dengan pendapatan, asalkan kamu tepat dalam berpromosi. Intinya, modal perlu dipikirkan dari awal dan jangan sampai di tengah jalan kamu kekurangan modal. Jika hal tersebut sampai terjadi, tentu akan menghambat produktivitas usaha.

Baca juga : Peluang usaha seni paling menguntungkan

3. Cerdas dalam berpromosi

Promosi adalah salah satu kunci utama dalam bisnis, terutama bisnis yang berkaitan dengan marketing atau jualan. Promosi pulalah yang dapat menentukan apakah usaha yang kamu jalankan akan lancar atau malah gulung tikar. Dalam menjalankan usaha souvenir pernikahan, cara berpromosi yang efektif adalah melalui media sosial. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial dalam mencari referensi ataupun informasi, termasuk urusan mencari souvenir pernikahan.

Selain itu, dengan berpromosi di internet, kamu dapat menjaring konsumen sangat luas, bahkan tak terbatas. Jika souvenir-souvenir pernikahan yang kamu tawarkan benar-benar unik, menarik, bermanfaat dan harga bersahabat, bukan tidak mungkin kamu akan banjir pesanan. Untuk itulah, buat promosi yang bisa mengena di hati calon konsumen, terutama sesuaikan dengan target market usaha kamu ini.

4. Siapkan mental untuk hadapi setiap tantangan

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha pasti akan menghadapi tantangan. Terlebih usaha souvenir pernikahan, kamu dituntut untuk menyiapkan mental untuk menghadapi setiap rintangan, terutama dari competitor dan konsumen yang bawel. Ingatlah pula jika bisnis ini pada dasarnya selalu mengikuti tren.

Souvenir yang bagus, bukan hanya bermanfaat tapi juga penampilan dan bentuknya yang unik lagi menarik. Untuk mewujudkannya, kamu perlu berfikir kreatif dan inovatif. Desain yang unik dan fleksibel lebih disukai banyak orang. Jadi jika kamu membuka usaha grosir souvenir, pilihlah vendor pengrajin souvenir yang fleksibel dalam mendesain produk yang sesuai dengan keinginan klien kamu. Lebih amannya, pilih souvenir dalam bentuk kecil. Artinya souvenir tersebut dapat dimasukkan di dalam tas kecil dan dapat dibawa dengan mudah.

Itulah 4 tips sukses usaha souvenir yang perlu kamu terapkan. Selain itu, ada satu trik yang wajib kamu terapkan juga. Mintalah uang muka terlebih dahulu di awal pemesanan. Hal ini bertujuan sebagai bagian untuk berjaga-jaga apabila konsumen tiba-tiba membatalkan pesanan souvenir yang telah kamu persiapkan.