membuat kerajinan flannel

Inilah Cara Membuat Kerajinan Flannel Yang Dapat Dijadikan Ide Bisnis

Posted on

Flannel adalah salah satu jenis kain yang paling banyak digunakan untuk membuat barang kerajinan. Untuk Anda yang sedang mencari ide cara membuat kerajinan flannel , Anda tidak usah kebingungan karena ada banyak sekali tutorial yang bisa Anda ikuti. Selain untuk membuat pernak-pernik aksesoris, kain flannel ini bisa juga dibuat menjadi boneka, bantal, tas, sepatu bayi dan lain sebagainya. Anda dapat mengkreasikannya sesuai dengan keinginan dan kreatifitas yang dimiliki.

Kerajinan flannel ini dapat Anda jadikan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bahan yang tidak begitu mahal, mudah dikerjakan dan tidak harus dengan skill yang professional adalah salah satu kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Asalkan telaten dan mau belajar, Anda dapat membuat berbagai macam barang dari bahan ini. Untuk Anda yang masih pemula dan bingung cara membuat kerajinan flannel , Anda dapat mengikuti beberapa tutorial berikut ini.

Beberapa cara membuat kerajinan flannel

cara membuat kerajinan flannel

Membuat boneka wisuda

Anda pasti sering melihat kerajinan flannel yang berbentuk boneka kecil yang sering digunakan sebagai bingkisan bagi orang yang merayakan wisudanya. Boneka ini sebenarnya cukup mudah dibuat, namun Anda harus banyak berlatih dan telaten mengerjakannya. Walaupun terkesan simple, boneka ini terlihat menarik karena detail dan pengerjaannya.

 

Biasanya boneka ini mengenakan toga dengan topi wisuda disertai dengan nama orang yang diwisuda. Untuk boneka perempuan yang berjilbab juga akan lebih menarik bila kita dalam membuatnya pandai memadupadankan warna jilbabnya. Ini adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan karena bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak namun dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Tutorial cara membuat kerajinan flannel boneka wisuda adalah sebagai berikut.

 

Bahan : kain flannel, lem tembak, benang, dakron, gunting, jarum jahit

 

Langkah-langkah cara membuat kerajinan flannel boneka wisuda :

  1. Buatlah pola dari badan dan pakaian boneka sebanyak dua lapis karena kita akan menggabungkan bagian depan dan belakang dan mengisi bagian dalamnya dengan dakron. Siapkan pola badan, kepala, celana atau rok, sepatu, aksesoris dan toga.
  2. Jahitlah kedua bagian depan dan belakang dari setiap pola dengan menggunakan tusuk feston dengan rapi dan menggunakan warna benang yang senada. Sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dakron ke dalamnya.
  3. Masukkan dakron ke dalam badan dan kepala boneka hingga penuh dan jahit untuk menutup lubangnya.
  4. Berikan mata dan juga mulut pada bagian wajahnya agar terlihat lebih hidup dan menarik.
  5. Lem bagian kepala dan badan agar bisa menjadi satu dan rapi.
  6. Tempelkan baju toga ke bagian tubuh boneka dan pasang juga rok atau celananya. Jahit bajunya hingga menjadi rapi.
  7. Pasangkan slempang atau samir agar lebih menarik.
  8. Selanjutnya untuk boneka berjilbab, Anda dapat menggunakan kain flannel sebagai jilbabnya dan usahakan dengan warna yang berbeda agar lebih menarik. Gunakan perpaduan warna yang pas dan tambahkan aksesoris seperti manik-manik agar terlihat cantik. Untuk boneka wisuda pria dan perempuan yang tidak berjilbab, Anda dapat memasang rambut di kepalanya.
  9. Berikutnya, pasanglah topi wisuda yang sudah dibentuk seperti bentuk topi wisuda aslinya.
  10. Sesudah itu, pasanglah sepatunya.
  11. Tambahkan nama orang yang diwisuda di bagian alas yang digunakan untuk meletakkan boneka.
  12. Agar lebih rapi, awet dan dapat dijadikan pajangan, masukkan boneka ke dalam kotak mika.

 

Baca juga : keuntungan seni usaha fashion dan aksesoris

Menghias kaos dengan kain flannel

Peluang usaha lain yang bisa dicoba adalah menghias kaos dengan gambar dan nama yang terbuat dari flannel. Anda dapat membuat gambar yang menarik sesuai dengan keinginan dan menempelkannya di kaos. Selain itu Anda juga dapat menambahkan nama di kaos tersebut dengan kain flannel. Dengan kreativitas dan perpaduan warna yang menarik tentu saja akan mejadi daya tarik tersendiri. Untuk Anda yang tertarik, cobalah mengikuti tutorial cara membuat kerajinan flannel untuk menghias kaos berikut ini.

 

Bahan : kain flannel, jarum jahit, benang, gunting, kaos

 

Langkah-langkah cara membuat kerajinan flannel untuk hiasan kaos :

  1. Buatlah pola dari gambar yang akan ditempelkan. Gunakan warna yang berbeda agar terlihat hidup. Akan lebih baiknya Anda satukan satu persatu pola tersebut hingga menjadi gambar yang utuh dan jahit dengan tusuk flannel. Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan menggunakan kain biasa yang polos maupun bermotif agar lebih manis.
  2. Setelah gambar sudah jadi, jahitlah gambar tersebut ke kaos yang sudah disiapkan.
  3. Cetak huruf dari nama yang akan ditempelkan. Usahakan menggunakan warna yang berbeda-beda agar terlihat lebih meriah. Jahitlah huruf itu menjadi nama yang diinginkan ke kaos.

Membuat flower bouquet

Ide kerajinan dari flannel yang sedang laris di pasaran adalah membuat flower bucket yang bisa digunakan sebagai bingkisan bagi teman atau orang terkasih di moment istimewanya. Selain mudah dibuat, bunga ini juga lebih awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini cara membuat kerajinan flannel untuk dijadikan flower bouquet.

 

Bahan : gunting, kain flannel, sterofoam bentuk bulat, lem tembak, tangkai, kain spunbund

 

Langkah-langkah cara membuat kerajinan flannel flower bouquet :

  1. Langkah pertama adalah menggunting kain flannel dengan bentuk lingkaran yang berdiameter 15 cm atau 12 cm.
  2. Potonglah menjadi bentuk spiral dan potong bagian luarnya agar menjadi bergelombang.
  3. Gulunglah dengan memulainya dari bagian dalam spiral dengan memberikan lem terlebih dahulu. Gulung dengan rapi hingga terbentuk mawar yang sempurna.
  4. Setelah terbentuk menjadi mawar, rekatkan bunganya ke Styrofoam hingga penuh.
  5. Pasanglah tangkai pegangan untuk flower bucket di bagian bawah Styrofoam.
  6. Bungkus bagian samping dengan kain spunbund agar terlihat lebih rapid an menarik.

Nah, beberapa cara membuat kerajinan flannel diatas dapat menjadi ide bisnis Anda yang bisa membawa banyak keuntungan. Anda dapat memasarkannya lewat media online sehingga akan lebih banyak yang memesannya untuk dijadikan hadiah. Tunggu apa lagi? Segeralah mencobanya dan raup keuntungan dari kerajinan flannel ini.