peluang-bisnis-reseller-online-shop

Cara Praktis Menjadi Pebisnis Reseller Online Shop yang Sukses

Posted on

Menjadi seorang pebisnis reseller online shop yang sukses merupakan harapan bagi kita semua yang berprofesi serupa. Mencoba bisnis awal menjadi seorang reseller online shop merupakan langkah yang tepat. Anda mungkin saja terinspirasi dari keberhasilan orang lain dalam membangun bisnis, lalu Anda juga ingin menjajal bisnis supaya bisa sukses seperti panutan Anda. Namun membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Anda harus sanggup jatuh bangun karena persaingan yang semakin ketat.

 

Tapi jika Anda memiliki semangat berjuang dan pantang menyerah, maka Anda patut untuk membangun bisnis. Tak usah terburu-buru untuk memulainya. Anda bisa mengawalinya dengan mudah dengan menjadi seorang reseller online shop. Cara ini merupakan solusi tepat untuk Anda yang baru terjun dalam dunia bisnis. Bahkan Anda tak perlu mengeluarkan modal banyak untuk bisa menjadi seorang reseller online shop. Jika Anda bisa menjalankannya dengan penuh ketekunan, pastinya Anda akan naik tingkat menjadi pebisnis reseller online shop yang sukses.

 

Namun ada pula orang yang merasa untuk menjadi reseller online shop masih saja mengalami pasang surut. Bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Mari kita simak cara-cara praktis untuk menjadi pebisnis reseller online shop yang sukses di bawah ini.

peluang-reseller

Kiat Ampuh Menjadi Pebisnis Reseller Online Shop Yang Sukses

Menjadi seorang reseller dari online shop memang menjadi salah satu pilihan mudah bagi orang lain dalam mengawali bisnisnya. Reseller sendiri memiliki arti yaitu menjual barang dagangan yang stoknya sudah dibeli dari supplier. Jadi, pada intinya, seorang reseller itu akan membeli beberapa produk dari supplier dengan kuantitas dan harga yang telah disepakati. Reseller ini biasanya akan mendapatkan potongan harga khusus dari sang supplier.

Baca Juga : Tips Memilih Supplier di Bisnis Fashion dan aksesoris

Setelah itu, stok produk yang sudah dibeli dari supplier tersebut akan dijual kembali oleh reseller sesuai dengan harga pasarannya. Pembeli yang ingin membeli produk tersebut tinggal menyampaikannya pada reseller, lalu pembeli akan mentransfer sejumlah uang kepada reseller. Kemudian, reseller akan mengirimkan produk tersebut dari stok yang dimiliki ke alamat pembeli. Hal ini sedikit berbeda dengan dropshipper. Karena dropshipper tidak perlu membeli stok barang dari supplier. Dropshipper hanya fokus dalam menjual produk dari supplier.

bisnis-reseller-online

Nah, kembali lagi ke profesi sebagai reseller online shop. Menjadi seorang reseller online shop pun tidak menjamin produk langsung terjual habis. Untuk bisa menjadi pebisnis reseller online shop yang sukses, Anda tentunya harus memperhatikan beberapa hal. Jangan melakukan pekerjaan tersebut secara asal tanpa tahu teknik-teknik yang harus diimplementasikan, supaya nantinya langkah awal Anda membangun bisnis dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Lantas bagaimana caranya? Berikut adalah kiat-kiat praktisnya :

 

  1. Bekerja Keras Untuk Setiap Produk Yang Dipasarkan

Cara pertama untuk bisa menjadi pebisnis reseller online shop yang sukses adalah dengan bekerja keras. Kita semua sudah tahu untuk bisa mendapatkan hasil maksimal   sesuai dengan yang diinginkan, kita harus bekerja keras. Dalam dunia reseller online     shop pun Anda juga harus bekerja keras. Anda harus berusaha bagaimana caranya agar bisa menjual produk yang diminati banyak orang sehingga dapat laris manis terjual. Misalnya saja, tentukan produk apa yang ingin Anda jual. Cobalah lakukan survei  secara singkat mengenai kebutuhan atau tren produk apa yang sedang berkembang di masyarakat.

 

Jangan sampai Anda memilih untuk menjual produk yang hanya akan laku sementara.      Anda bisa menjual berbagai produk yang menitik beratkan pada kebutuhan yang selalu dicari-cari oleh masyarakat. Lalu Anda bisa mengembangkan variasinya sesuai dengan      tren yang sedang beredar. Carilah juga referensi mengenai harga maupun kualitas dari produk tersebut. Jangan sampai Anda memasang harga yang terlalu mahal atau justru terlalu murah.

 

  1. Cari Supplier Yang Tepat

Cara kedua untuk bisa menjadi pebisnis reseller online shop yang sukses adalah dengan mencari supplier yang tepat. Setelah Anda menentukan produk apa yang ingin dijual serta telah melakukan survey mengenai produk-produk tersebut, langkah selanjutnya adalah mencari supplier. Anda harus jeli untuk mendapatkan supplier yang bisa diajak bekerja sama dalam membangun bisnis Anda. Anda bisa melakukan survey juga terhadap supplier yang sudah diincar.

 

Sodorkanlah beberapa pertanyaan mengenai produk yang akan Anda beli di supplier tersebut. Anda juga bisa mencari tahu tentang review mengenai produk atau sang supplier. Pastikan bahwa supplier tersebut memiliki rasa tanggung jawab terhadap       produk-produk yang dijualnya. Jangan sampai bisnis Anda tersendat di tengah jalan karena sang supplier tidak mengirimkan produk yang Anda butuhkan.

 

  1. Lakukan Promosi

Langkah selanjutnya yang tak boleh dilupakan bagi seorang pebisnis reseller online shop yang sukses adalah dengan melakukan promosi. Promosi merupakan salah satu unsur terpenting dalam dunia bisnis. Tanpa promosi, orang lain tak akan mengetahui produk apa yang Anda jual. Promosi ini juga berperan besar dalam meningkatkan angka penjualan pada bisnis yang sedang Anda tekuni.

 

Promosi awal tak harus mengeluarkan biaya yang besar. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki. Karena media sosial terbukti memiliki pengaruh besar dalam membantu promosi sebuah produk. Jika Anda memiliki akun Instagram, Facebook, Twitter, Blog, maupun lainnya manfaatkanlah perangkat tersebut. Namun     jangan terlalu pelit juga untuk mengeluarkan biaya.

 

Untuk membuat angka penjualan semakin meningkat, Anda pun juga bisa memasang iklan seperti di Facebook Ad atau Google Adword. Pemasangan iklan ini memang membutuhkan biaya, tak semata-mata gratis. Tapi tidak ada salahnya jika Anda menggunakan cara ini. Dengan memasang iklan, orang lain akan melihat produk yang Anda jual.

 

  1. Berikan Tawaran Khusus

Dalam dunia bisnis, kita harus memutar otak agar para calon pembeli merasa tertarik  dengan produk yang kita jual. Salah satu caranya adalah dengan memberikan tawaran  khusus. Tawaran khusus tersebut dapat berupa diskon atau potongan harga, pemberian    bonus membeli beberapa produk akan mendapatkan produk tambahan, atau dengan   memberikan paket harga khusus.

Sebagai seorang pebisnis kita harus bisa memberikan inovasi terhadap bisnis yang  dijalani. Anda harus bisa membuat para calon pembeli merasa rugi jika tidak membeli  produk Anda. Buatlah pilihan-pilihan kreatif lainnya terhadap produk Anda agar para  calon pembeli semakin berminat. Namun Anda harus tetap waspada jangan sampai Anda mengalami kerugian sendiri demi mendapatkan perhatian dari para calon pembeli. Pikirkan baik-baik ide apa yang bisa Anda terapkan.

 

  1. Buat Interaksi Dan Komunikasi Dengan Para Pembeli

Langkah terakhir sebagai seorang pebisnis reseller online shop yang sukses adalah dengan melakukan interaksi serta komunikasi terhadap para pembeli. Jika sudah ada pembeli yang membeli produk di toko online shop Anda, jangan lupa untuk  menanyakan apakah produk telah sampai di alamat tujuan atau belum. Selain itu, Anda  juga bisa menanyakan kesan dan pesan para pembeli terhadap produk yang Anda jual.

Tanyakan kepada para pembeli apakah mereka puas dengan layanan Anda. Dan juga tanyakanlah apabila ada kekurangan pada produk atau pada saat proses pengiriman. Bentuk komunikasi seperti ini dapat dikatakan sebagai feedback dari para pembeli. Jika pembeli sudah puas terhadap produk maupun pelayanan Anda, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Atau Anda bisa juga memberikan reward kepada pembeli.  Misalnya diskon 5% untuk pembelian produk selanjutnya.

 

Jika pembeli merasa ada kekurangan terhadap produk maupun pelayanannya, jangan lupa sampaikan permintaan maafa Anda. Jadikanlah hal tersebut sebagai bahan evaluasi sehingga ke depannya Anda bisa meningkatkan kualitas produk maupun pelayanannya.

 

Demikianlah ulasan ini membahas mengenai cara-cara praktis untuk bisa menjadi pebisnis reseller online shop yang sukses. Sebagai seorang reseller pun Anda juga perlu memperhatikan teknik-teknik di atas agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Meskipun pekerjaan sebagai reseller tergolong mudah, Anda tetap tidak bisa menyepelekannya. Selamat mencoba dan semoga sukses.